Victor Wirawan Kembangkan Mobil Listrik Indonesia

Desember 21, 2018

Dunia sudah mengenal Elon Musk dengan Tesla (mobil listrik Amerika), di Indonesia kita harus mengenal Victor Wirawan yang juga bermimpi mengembangkan mobil listrik Indonesia. Tidak hanya itu, lewat Baran Energy Pria kelahiran 23 November 1983 ini juga menaruh perhatian lebih di energi terbarukan.

Victor Wirawan
Victor Wirawan, Saat berbincang di kantornya yang berada dikawasan Serpong

Victor Wirawan bukanlah sosok yang mempunyai nilai akademis setinggi langit atau mentereng seperti bintang di gelap malam. Karena saat ditemui di kantornya, pria yang sudah dikarunia 3 anak ini berbicara terus terang bahwa pendidikannya hanya sampai Sekolah Menengah Pertama (SMP). 

Jujur kami saat itu kaget dan tidak percaya, kalau pria dihadapan kami ini, yang mempunyai perusahaan property, mempunyai mimpi membuat mobil listrik Indonesia, mengembangkan energi terbarukan dengan Baran Energynya hanya lulusan SMP.

Tingkat pendidikan yang tidak terlalu tinggi, ternyata tidak mencerminkan semangat seseorang untuk bisa berguna bagi orang disekitarnya bahkan untuk bangsa dan negara. Itu yang dapat saya simpulkan saat Victor Wirawan memberitahukan background pendidikan.

Victor Wirawan muda sudah mempunyai kemampuan untuk mengolah suatu hal menjadi bisnis. Di masa sekolah, saat ikan cupang aduan sedang marak, alih-alih hanya membeli dan megadu cupang disela istirahat sekolah, Victor melakukan langkah lebih jauh ketimbang teman-teman yang lain. Dia mengembang biakkan ikan cupang lalu menjualnya kembali.

Di usia 19 tahun, (di umur ini saya baru masuk kuliah) Victor Wirawan sudah mempunyai pabrik rokok. Usaha bersama ini memang tidak berjalan mulus, hanya bertahan 3 tahun karena di tipu oleh rekan bisnisnya.

Kegagalan tidak pernah membuatnya berhenti, saat berumur 24 tahun Victor dipercaya sebuah lembaga untuk menjadi kontraktor dan merehabilitasi 10.000 rumah yang tidak layak huni di sebuah kabupaten hanya dalam waktu 4 bulan.

Kemampuan dalam bidang kontruksi didapat Victor saat dia ikut bekerja di perusahaan kontraktor. Membangun jembatan, infrastruktur, gedung pemerintahan sampai jalan penghubung adalah makanan sehari-hari Victor di Kalimantan.

Jadi tidak heran, saat ada kesempatan didepan mata, dia tidak ragu untuk mengambil dan nyatanya berhasil dengan baik.

Victor Wirawan Kembangkan Mobil Listrik Indonesia 

Bisnis propertynya terus berkembang, bahkan pernah satu waktu dalam satu hari omset penjualannya bisa mencapai 100 milyar. Tapi Victor Wirawan tidak ingin berhenti di situ saja, saat ini dia mulai mengembangkan energi terbarukan Baran Powerwall yang dapat di aplikasikan di semua properti yang dia bangun.

Baran Powerwall semacam baterei yang bisa menyimpan daya listrik, dan bisa di gunakan sebagai pengganti listrik PLN baik untuk keadaan darurat ataupun untuk keseharian. Untuk mengisi daya Baran Powerwall bisa menggunakan solar panel atau menggunakan listrik dari PLN.

Sederhananya untuk menghemat listrik kita bisa atur strategi, siang hari gunakan listrik PLN namun di malam hari kita gunakan listrik dari Baran Powerwall.

Mimpi Victor pun semakin meluas, terinspirasi dari Elon Musk dengan Teslanya, Victor mulai mengembangkan mobil listrik. Karena Victor sadar, polusi yang ditimbulkan karena energi dari fosil seperti minyak memberikan dampak polusi yang cukup besar bagi bumi.

Tahun 2017 di wilayah DKI polusi emisi gas buang yang meliputi Carbonmonoksida (CO2), 90% di hasilkan oleh sektor transportasi. Jadi tidak heran kalau mobil listrik akan menjadi solusi kedepannya untuk menjaga bumi agar anak-anak kita bisa hidup lebih baik.

Victor Wirawan Elon Musknya Indonesia memang nekat mengembangkan mobil listrik dan energi terbarukan untuk kehidupan sehari-hari. Semua yang dikembangkan adalah karya Indonesia yang dibuat oleh pemuda Indonesia dan benar-benar produk asli Indonesia.

Jujur saya masih penasaran, rahasia apalagi di balik sosok Victor Wirawan, sehingga lulusan SMP ini bisa sukses dan memimpin perusahaan yang mempunyai karyawan dengan tingkat pendidikan 2 atau 3 tingkat diatasnya.

“Membaca momentum..” Ujarnya singkat.

Victor Wirawan punya insting kuat membaca momentum bisnis apa yang kedepannya akan potensial. Terlihat dari bisnis ikan cupangnya di masa sekolah, properti saat muda dan kini merintis bisnis di energi terbarukan.

Saya belajar banyak dari sosok satu ini, di usia yang masih muda (setidaknya lebih muda dari saya), penampilan yang tidak terlihat formal dengan jeansnya, ternyata sosok yang punya pengalaman bisnis dengan jam terbang yang tinggi dan punya pandangan jauh kedepan.

“Saat ini Bisnis tidak hanya melulu uang, tapi bagaimana bisa berguna bagi orang lain” Ujarnya menutup pembicaraan kami sore itu.

Baran Energy, Energi Terbarukan Untuk Indonesia


You Might Also Like

21 comments

  1. mudah-mudahan inovasinya bisa digunakan untuk masyarakat Indonesia

    BalasHapus
  2. Inovasi zaman now ya. Kalau ketemu pak Victor mau tanya deh, apa tanggapan PLN terhadap inovasi ini"? hahaha

    BalasHapus
  3. Serius pak victor lulusan smp? salut banget sama semangat juang berwirausahanya.. apalagi inovasi terbarunya dalam mengembangkan mobil listrik, jika regulasi tenang mobil listrik ini sudah fix and final, saya yakin masyarakat Indonesia beralih ke mobil listrik

    BalasHapus
  4. Profilnya luar biasa.
    Bisa menginspirasi generasi muda Indonesia
    Kindly Visit my Blog: https://bukanbocahbiasa.com

    BalasHapus
  5. Ya ampun seumuranku tapi udah keren banget kiprahnya. Hebat banget ya... lulusan SMP tapi keren banget karyanya. Dan yang bikin penasaran adalah mobil listriknya....


    Thanks for sharing ya Mas Satto...

    BalasHapus
  6. kebayang ini ada mobil listrik di Indonesia pasti awesome beut dah, semoga bisa terealisasi ya

    BalasHapus
  7. Semoga di produksi banyak ya ka, kira-kira dibandrol berapa ya.

    BalasHapus
  8. Aku baru sekali ketemu pak Victor dan langsung terpesona sama pemikiran nya apalagi bagi ibu-ibu yang tidak perlu bayar listrik tiap bulan dengan adanya Baran. Keren deh, sukses terus Pak Victor

    BalasHapus
  9. Keren ya Pak Victor ini. Perjuangannya sampai bisa mewujudkan impian demi impian bikin decak kagum tak habis-habis. Semoga beliau sehat dan semakin sukses aja wis. Buat Mas Sattonya juga sehat dan sukses sekeluarga

    BalasHapus
  10. Aku penasaran sama wujud mobilnya deh. Siapa tau kan kalau eyecatching bisa jadi rekomendasi yang mau cari mobil listrik?

    BalasHapus
  11. Wiiiih keren nih! Jadi pengen lihat mobil listriknya juga nanti :D

    BalasHapus
  12. Pak Victor keren banget. Bisa menciptakan mobil listrik meski tidak mendapatkan pendidikan formal. inspirasi dan belajar itu memang bisa darimana saja ya.
    semoga perkembangan mobil listrik semakin pesat sehingga bisa menggantikan mobil konvesional demi ngurang-ngurangin polusi udara nih.

    BalasHapus
  13. Keren nih Victor mengembangkan energi terbarukan. Apalagi dengan mobil listriknya. Pengen mengenal sosoknya juga.

    BalasHapus
  14. Sosoknya begitu inspiratif, sejak usia belia sudah giat dan pandai membaca peluang. Terlebih sekarang2 ini tengah membuat inovasi baru
    woww keren banget sih

    BalasHapus
  15. Pernah ketemu pal Viktor di sebuah acara.. pikirannya jauh ke depan..

    BalasHapus
  16. Putera bangsa kayak gini yang perlu dirangkul

    BalasHapus
  17. Semoga idenya bisa terealisasi. Karya anak bangsa yang membanggakan

    BalasHapus
  18. Thank you artikelnya mas Satto, inspiratif banget, semoga makin banyak anak bangsa yang seperti Victor ini ya..

    BalasHapus
  19. Duh malu jadinya. Umurnya sama dengan aku, tapi bisnisnya udah luar biasa banget. Salut sama orang yang berani terjun ke bisnis dan akhirnya sukses setelah jatuh bangun.

    BalasHapus
  20. Salut sama beliau, pendidikan hanya sebatas di bangku SMP tak mematahkan semangat beliau untuk berani bermimpi tinggi. Hingga sampai ingin menjadi Elon Musk. Semoga proyeknya bisa memajukan Indonesia. Aamin.

    BalasHapus
  21. bisnis yang bertahan adalah bisnis yang bermanfaat buat orang bayak :)

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.