Baran Power, Revolusi Industri Listrik Indonesia

22.30

Orang tua saya, khususnya bapak adalah sosok paling terampil dan selalu jadi panutan saya. Kalau di film fiksi, saya selalu membandingkannya dengan sosok MacGyver. Tokoh yang selalu bisa memanfaatkan barang disekitarnya untuk bisa berguna untuk keseharian.


Hal sederhana yang saya ingat saat masa kecil dulu adalah; saat bapak, memasang instalasi listrik untuk lampu emergency. Fungsinya, saat aliran listrik dirumah padam baik itu kelebihan daya maupun karena masalah dari PLN, maka otomatis lampu diruang tamu kami akan menyala.

Jujur, waktu saya kecil hal ini sangat membanggakan. Ketika rumah yang lain gelap gulita, ruang tamu kami terang benderang. Kadang saya menyombongkan hal ini kepada teman-teman sepermainan, kalau dipikir kembali di masa ini, buat apa saya sombong ya? Namanya juga anak-anak.

Makin dewasa saya makin tahu, apa yang di pasang oleh bapak saya agar lampu ruang tamu kami menyala otomatis di saat aliran listrik padam.

Bapak menggunakan baterai kering, konsepnya kurang lebih seperti powerbank. Disaat aliran listrik normal, baterei kering tersebut akan mengisi ulang daya, dan saat aliran listrik padam otomatis daya yang tersimpan di baterei kering akan mengirimkan energi ke lampu di ruang tamu.

Waaawww, kalau boleh meminjam celetukan Andre Taulany dan Hesty disalah satu program televisi swasta, inovasi bapak saya ini "Simple Tapi Pateenn".

Di penghujung 2018 saya mendapat info yang luar biasa. Konsepnya hampir mirip dengan yang bapak saya lakukan puluhan tahun lalu, tapi ini lebih dahsyat. Tidak hanya lampu, tapi bisa menggantikan aliran listrik PLN yang padam selama seharian penuh untuk mengoperasikan barang-barang elektronik di rumah.

Adalah Baran Power, sebuah produk buatan Aldebaran Business Energy Company dipimpin oleh Victor Wirawan selaku Founder & CEO BARAN ENERGY (@baranenergy). Perusahaan yang dipimpin anak muda, yang membuat saya semakin yakin bahwa anak bangsa Indonesia mempunyai kemampuan yang bersaing dengan orang luar.

Victor Wirawan (@victorwirawan) pada kesempatan media talkshow bersama blogger memperkenalkan inovasi dari para anak bangsa mengenai Baran Powerwall untuk hunian.

Baran Powerwall adalah sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh rumah tangga agar konsumsi listrik bisa ditekan bahkan hampir gratis. Hanya investasi diawal untuk memasang Baran Power, maka kita bisa menggunakan listrik dengan bijak,

Sederhananya, Baran Powerwall semacam baterai yang di isi dan kemudian daya yang berhasil disimpan bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik sehari-hari.

Ada 3 cara bagaimana Baran powerwall mendapatkan daya. Pertama melalui listrik konvensional yang berasal dari PLN, layaknya mengisi daya handphone atau laptop. Kedua dari turbin angin dan yang ketiga menggunakan tenaga matahari melalui solar panel.

Penggunaan turbin angin di pemukiman padat sepertinya tidak memungkinkan karena butuh lahan yang luas, yang paling mungkin dilakukan adalah penggunaan energi matahari atau solar panel yang dihubungkan ke Baran Power.

Baran Powerwall mempunyai kapasitas kurang lebih 5100wh, kalau dipergunakan secara bijak, dengan kapasitas sebesar ini bisa digunakan untuk satu hari penuh.

Untuk mengisi ulang daya, di negara tropis seperti Indonesia yang mempunyai sinar matahari berlimpah, hanya butuh waktu 4 jam saja agar Baran powerwall terisi penuh.

Kedepannya sistem powerwall ini akan di gunakan di semua Baran Properti yang akan di bangun di tahun 2019. Jadi Baran akan menjadikan hunian dengan konsep listrik gratis sepanjang tahun. Dengan inovasi karya anak bangsa yang mengandalkan energi matahari sebagai energi terbarukan tentu saja hal ini sangat memungkinkan.

Jargon listrik gratis mungkin hal yang diluar kebiasaan, atau bisa dibilang distruption dibidang energi terlebih melihat trend tarif listrik cenderung terus naik dari tahun ketahun. Mungkin sudah saatnya revolusi industri khususnya dibidang kelistrikan dimulai.


Sudah saatnya industri listrik kita menuju industri 4.0, sebuah industri yang mengedepankan inovasi untuk para costumernya, sebuah industri yang juga mulai memikirkan lifestyle, simple tapi tetap powerfull.

Selain untuk perumahan, Baran Power juga bisa digunakan untuk industri dengan produk Baran Cube. Bentuknya seperti kontainer dan dapat di sokong menggunakana energi matahari. Untuk industri memang dibutuhkan solar farm agar dapat memberikan daya untuk mengisi Baran Cube.

Dan yang luar biasa lagi, Baran Power juga sudah mempersiapkan Baran EV (electric vehicle). konsep mobil listrik dengan tenaga 900hp dan mampu menempuh jarak 300km dalam sekali charge.


You Might Also Like

0 komentar

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Dampingi Dan Beri Semangat Untuk Para Penyintas Diabetes Anak