Review ASUS VivoBook X441U, Laptop Dengan Suara Menggelegar

10.26

Selamat Pagi BroSS, Laptop dan dunia IT sudah sangat berkembang dari tahun ke tahun. Saya masih ingat, saat pertama kali merakit komputer sendiri, saat itu processor yang lagi nghits adalah intel pentium II.
Ya, itu sudah 20 tahun lalu ketika saya baru masuk kuliah. Jangan tanya usia saya sekarang berapa, lebih baik kamu hitung sendiri. Yang pasti dengan processor pentium II di komputer rakitan yang saya buat saat itu sudah cukup mumpuni di jamannya.





Dan ternyata saat ini processor intel sudah memasuki generasi ke-7. Saya pun sedikit penasaran saat membaca review laptop ASUS VivoBook X441U telah mendukung prosesor Intel Core i3-6006U generasi ke-6 dan kartu grafis Nvidia GT920M.
Jujur saya tidak begitu mengikuti perkembangan processor Intel lagi, yang saya pahami processor intel generasi terbaru adalah i3, i5, i7 dan yang terakhir i9 (menginjak generasi ke-7). Sedangkan Intel Core i3-6006U dikeluarkan pada quarter ke-4 di tahun 2016.
dengan kemampuan hyperthreading yang mampu menjalankan beberapa program dalam waktu bersamaan. Tentu ini sangat berguna bagi saya yang selalu membuka minimal 2 program design diwaktu yang  sama. Dengan frekuensi dasar processor sebesar 2,00GHz, Intel Core i3-6006U ini hanya membutuhkan TDP sebesar 15w, yang akan membuat baterei laptop kita tahan lebih lama.

Waawww, ternyata perkembangan processor Intel begitu pesat, dari tahun ke tahun. Dan sungguh saya tidak menyangka kalau sekarang sudah mulai memasuki processor generasi ke-7 dengan processor i9 dari Intel. Sepertinya baru beberapa hari lalu saya merakit komputer sendiri dengan processor Intel pentium 2. #Halu.

Pun begitu pula dengan ASUS selaku produsen laptop yang terus berinovasi. Seperti yang saya sebut diawal, saya tertarik saat membaca review ASUS VivoBook X441U yang mempunyai banyak fitur dan keunggulan salah satunya di processor i3-6006U.

ASUS-Intel BlogCompetition Berhadiah ASUS VivoBook X441U

Sebelum saya bahas keunggulan lain dari ASUS VivoBook X441U secara detil, saya mau cerita tentang laptop idaman bagi saya.

Kalau mengikuti kemauan dan kata hati nurani, saya ingin laptop yang spesifikasinya tinggi. Kalau dilihat dari design harus super keren buat diajak nongkrong (pamer) dan harus super cepat kalau dilihat dari spesifikasi hardware dan software yang ada. Kalau bisa sangking cepatnya laptop tersebut, sebelum saya klick sesuatu, laptop itu sudah tau apa yang mau saya klick terlebih dahulu. #Mimpi.

Bagi sebagian orang tentu mudah mendapatkan laptop yang mereka inginkan, tapi tidak dengan saya. Dengan segala kemampuan, akhirnya saya coba memilah dan mengerucutkan pilihan berdasarkan harga beli laptop dengan kondisi baru. Ya, saya coba memilih laptop dengan harga dikisaran 5jt sampai dengan 7jt rupiah.

Muncullah ASUS VivoBook X441U ini dipilihan saya dengan segala fasilitas dan keunggulan yang laptop ini miliki.

Kenapa ASUS?, entah dibilang jodoh atau tidak. Laptop yang sekarang saya gunakan bergantian dengan adik saya (karena memang ini laptop adik saya) adalah ASUS A45V core i3. Dan Smartphone yang saya gunakan juga ASUS ZenfoneMAx. Jadi produk ASUS sudah sangat familiar bagi saya. Terlebih saya bisa langsung koneksi antara smartphone dan laptop untuk kebutuhan edukasi.

Dan sekarang saya kembali kepincut dengan ASUS VivoBook  X441U. Dengan spesifikasi yang tertanam di dalamnya, saya pikir sudah cukup untuk kegiatan harian saya sebagai fotografer, design graphic dan blogger.

Sebagai fotografer dan design graphic, saya lebih sering menggunakan program pengolah gambar dan vektor yang skalanya masih 2D. Seperti Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator. Sesekali saya gunakan Adobe Indesign kalau ada project untuk layout buku.

Untuk software Design 3D, saya jarang menggunakannya, karena memang saya kurang mahir di area ini.

Sebagai blogger, saya lebih sering untuk browsing internet mencari inspirasi, transfer foto yang jumlahnya tidak sedikit dari HP ke laptop dan membuat tulisan diblog. Aplikasi pengolah gambar saya gunakan hanya untuk mempermanis tampilan blog saja.

Sekarang pun saya sedang hobi mengedit video untuk diupload ke youtube sebagai pelengkap informasi diblog. Aplikasi yang sering saya gunakan adalah Adobe Premier atau Filmora, kedepannya saya ingin mencoba software after effect.

Dengan RAM 4gb saya pikir ASUS VivoBook X441U masih cukup mumpuni, walau mungkin (mungkin loh ya) kita harus sedikit sabar untuk process rendering, terlebih untuk durasi yang cukup lama dan effect yang rumit. Kita gak akan pernah tahu kalau kita nggak coba sendiri.

ASUS VivoBook X441U

Asus VivoBook X441U memang dirancang untuk kegiatan komputasi sehari-hari yang dinamis. Dengan berat 1.75kg dan ukuran dimensi 348 x 242 mm serta ketebalan tidak lebih dari 3cm, Asus VivoBook X441U ini masih bisa diajak wira-wiri dengan mobilitas yang tinggi tanpa membebani isi tas.


Ukuran dan berat yang tidak terlalu besar memudahkan ASUS VivoBook X441U enak diajak wara-wiri.
sumber foto: www.asus.com/id


Seperti yang sudah tulis diawal, Asus VivoBook X441U incaran saya ini sudah dilengkapi dengan processor Intel generasi ke-6 yaitu i3-6006U dengan 4 GB DDR4 2133MHz SDRAM. Di support grafis handal dari Nvidia GeForce NVIDIA GeForce 920MX , with 2GB VRAM.

Processor Intel i3-6006U ini punya TDP hanya 15watt. TDP adalah Thermal Design Power, adalah istilah untuk menggambarkan daya rata-rata, dalam watt, yang dikeluarkan prosesor saat beroperasi pada Frekuensi Dasar (2GHz) disaat semua core aktif di bawah beban kerja dengan kompleksitas tinggi. Ini salah satu faktor yang membuat konsumsi baterei lebih awet. 

Dilihat dari spesifikasi diatas, sepertinya laptop ini sudah sangat mumpuni untuk meladeni kebutuhan saya sehari-hari, tidak hanya untuk menulis tapi juga edit foto dan video. Bahkan untuk bermain gamepun bisa dimaksimalkan.
Asus VivoBook X441U Semakin lengkap dengan kapasitas penyimpanan 500gb 5400rpm SATA HDD dan preinstalled Windows 10 Home.

Untuk kelengkapan di segmen port interface ada yang menarik. Selain menyediakan port standard USB 2.0, USB 3.0, COMBO audio jack, VGA port, RJ45 LAN Jack for LAN insert dan HDMI, Juga tersedia USB Type-C.

Dengan menggunakan port ini, kecepatan transfer data diklaim bisa sampai 5Gb per second atau 10x lebih dari USB 2.0. Jadi kalau kita transfer file sebesar 2gb, hanya butuh 2 detik saja. Canggih!.


Dua speakers ini yang bikin suaranya ASUS vivoBook X441U makin menggelegar
sumber foto: www.asus.com/id


Hal lain yang membuat saya penasaran di ASUS VivoBook X441U adalah sistem audionya. Kalau kita browsing ke website www.asus.com/id/ tagline dari laptop ini adalah “Suara Menggelegar. Kinerja Tinggi”. Kalau kinerja tinggi sudah bisa kita lihat dari spesifikasi yang saya jabarkan diatas, lalu untuk suara menggelegar?.

ASUS VivoBook X441U memang tidak main-main untuk masalah audio. Teknologi ASUS SonicMaster Menggabungkan teknologi ICEpower sehingga bisa menghasilkan suara yang jernih.

Di Laptop seri ini dilengkapi 2 speaker dikanan kiri bagian atas keyboard berdaya 3watt dan mempunyai ruang suara 24cc yang akan menghasilkan suara yang kaya, bass mendalam, dan vokal yang berbeda langsung dari laptop anda.

Gimana? Penasaran gak sama ASUS VivoBook X44U1 ini. Kalau saya jujur penasaran banget sama laptop yang satu ini, terlebih mau denger audionya. Selama ini saya lebih sering mendengar audio laptop dari headset, jarang yang langsung dari audio laptop.

Saran saya buat kamu yang mau membeli laptop, tentukan dulu fungsi dan akan digunakan untuk apa laptop kamu. Jangan tergiur dengan harga tinggi dan kemampuan laptop yang luar biasa padahal itu belum tentu kamu butuhkan.

Yang terpenting pastikan dulu bugdetnya, agar kamu bisa memilah laptop mana yang sesuai dengan kantong dan kebutuhan kamu.

Kalau masalah merk atau brand, menurut saya, kamu bisa percayakan ke ASUS. Itu sudah pasti. Buat kamu yang penasaran dan ingin mendapatkan laptop ASUS gratis, ada caranya. Ikut aja ASUS Intel Blogcompetition periode 22 Januri - 5 Februari 2018, caranya klik banner dibawah ini dan baca dengan teliti ya BroSS.






You Might Also Like

4 komentar

  1. Mantabbb... Semoga bisa beli...hehe...

    BalasHapus
  2. keren juga neh Usus eh Asus :)

    BalasHapus
  3. Selalu bingung kalau diajak ngomong spek-spek gini. Bagi emak2 kaya sy pertama pasti dilihat desain luarnya (cocok buat pamer ga haha) lalu harganya. Btw, itu warnanya tosca ya... Sukaaaa :D

    BalasHapus
  4. Mupeng banget sama Asus Vivobook... Makasi ulasannya ya, Mas Satto, semoga nanti Asus bikin blog competition lagi buat blogger umum biar saya bisa ikutan. Hehehe

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Pelarian Akhir Minggu di Hotel Batiqa Cirebon