Ulas Review Kamera Oppo F11 pro di Perjalanan Jakarta Bandung

Mei 21, 2019

“Mau nyobain OPPO F11 Pro nggak sekalian review?”. Ujar seorang kawan.
“Nyobain doang?”.
“Kalau minat boleh bawa pulang kok, saya kasih harga khusus 4.999.000 mau?”
“Jaahhh itu mah sama aja beli Baru booii?” Potong saya setengah keki.

Ulas-Review-Kamera-Oppo-F11-pro

Tapi akhirnya saya pasrah dengan bahagia saat dikasih kesempatan (cuma) 4 hari demi hanya untuk ngoprek OPPO F11 Pro.

Sekedar informasi, sebelum teman-teman ngerasa “kecele” ngebaca keseluruhan artikel ini, saya mau kasih tahu bahwa pada kesempatan ini, saya tidak akan membahas spesifikasi OPPO F11 Pro secara detil.

Artikel ini lebih  ke user experience saat saya pertama kali pegang OPPO F11 Pro, khususnya mencoba kamera yang tersemat di smartphone asal negeri tirai bambu ini.
Kalau mau tahu spesifikasi detil bisa langsung akses ke https://www.oppo.com/id/smartphone-f11-pro/

Kebetulan ketika OPPO F11 Pro ini sudah ada di tangan, saya ada rencana untuk mengunjungi kota kembang, Bandung Jawa Barat.

“Hmmmm…pas buat ngetes kamera OPPO F11 Pro selama di perjalanan nih”. Batin saya.

Impresi pertama yang saya dapat saat kali pertama memegang OPPO F11 Pro, tombol navigasi di samping smartphone sangat  mudah di jangkau. Untuk smartphone dengan layar 6 inchi, saya masih nyaman menyentuh tombol navigasi saat posisi tangan berada di bagian bawah smartphone. Tanpa harus mengubah posisi genggaman.

Ini Dia Hiburan Masa Kini 

Kalau kita lihat dari situs resmi OPPO, seri F11 Pro ini mengusung tag line Brilliant Portrait In Low Light. Smartphone yang mempunyai 2 kamera dibelakang, kombinasi kamera resolusi 48 megapixel dan 5 megapixel membuat kemampuan kamera OPPO F11 Pro semakin prima.

Body OPPO F11 Pro ini di dominasi gradasi warna biru, ungu dan sedikit pink.
Sedikit rasa penasaran saya adalah, kenapa handphone ini bisa mengambil gambar dengan cukup baik saat keadaan cahaya yang minim.

Ulas-Review-Kamera-Oppo-F11-pro

Rahasianya ada di ukuran sensor kamera yang cukup besar. Ukurannya 80% lebih besar, hingga diafragma (F) pada kamera bisa lebih dimaksimalkan. Ini yang menyebabkan OPPO F11 pro dalam kondisi cahaya minim bisa mengambil gambar dengan cukup baik.

Saya makin penasaran nyobain kualitas kamera OPPO F11 Pro selama perjalanan Jakarta-Bandung. Berangkat dari Jakarta jam 4 sore, hujan menemani perjalanan kami sejak tol Cikampek tepatnya memasuki gerbang tol Cikarang Utama.

Perjalanan petang itu tidak terlalu macet, sekita jam 18.30 kami sudah sampai di rest area KM 88 di jalan tol Padalarang.  Ini kali pertama saya “Jajal” kamera OPPO F11 Pro di kondisi minim cahaya. Dan hasilnya bikin saya “nyengir” trus ngebatin, “Kok bisa ya?”.

Ulas-Review-Kamera-Oppo-F11-pro
Sumgringah foto pakai OPPO F11 Pro
Warna foto yang ditimbulkan saat di malam hari dengan  intensitas cahayanya minim, masih nyaman di mata, cerah dan tidak kusam. Jadi pengen terus motret kalau tidak diingatkan untuk melanjutkan perjalanan.

Dan yang membuat saya makin jatuh cinta sama OPPO F11 Pro saat mengetahui, ada mode expert di smartphone ini. Dengan mode expert kita bisa set secara manual kamera handphone kita, sehingga kita bisa lebih kreatif dalam mengambil foto.

Settingan manual yang saya maksud, kita bisa atur Speed, ISO dan White Balance sesuai dengan kebutuhan kita masing-masing tanpa harus mengistall aplikasi tambahan lagi.

Ulas-Review-Kamera-Oppo-F11-pro
Detil kue Ampas Terigu dari Ambon ini terekam dengan baik oleh kamera OPPO F11 pro
Sebenarnya sih menggunakan fungsi auto pada OPPO F11 Pro sudah sangat cukup baik. Tapi kalau mau mencoba hal-hal baru di dunia fotografi dengan hasil yang berbeda dari yang lainnya, kita harus bisa setting secara manual dan itu ada di mode expert OPPO F11 Pro.

Fungsi panorama di OPPO F11 Pro pun tidak kalah menarik. Mode panonarama, secara teknik adalah kumpulan beberapa gambar, lalu secara software dijadikan satu menjadi image yang terlihat lebih luas, dibandingkan saat kita mengambil gambar dengan mode foto biasa.

Saya lupa kapan terakhir menggunakan fungsi Panoramic di sebuah smartphone, tapi saya baru paham untuk OPPO F11 Pro, posisinya smartphone harus vertikal atau berdiri saat mengambil foto di mode panoramik. Lalu kita tinggal geser kamera dari kanan ke kiri atau sebaliknya.

Ulas-Review-Kamera-Oppo-F11-pro
Mode Panoramic di OPPO F11 Pro ini ciamik broohh
Foto yang dihasilkan  cukup baik, terlihat efek lensa fish eye atau cembung (melengkung). Saran saya saat mengambil foto panoramik, usahakan jangan ada benda yang bergerak atau orang lewat karena akan terjadi duplikasi benda yang bergerak tersebut.

Kalau kita bahas OPPO, pasti penasaran juga sama kekuatan foto selfie-nya kan? Di seri OPPO F11 Pro ini punya kemampuan artifisial intelijen cukup baik karena tidak cuman sekedar memutihkan kulit dan membuatnya lebih cerah, tapi smartphone ini juga membaca warna kulit asli kita sebelum memproses foto agar lebih ciamik.

Kalau sekilas, kita tidak akan melihat keberadaan kamera depan di screen OPPO F11 Pro. Karena memang di sembunyikan.
Kita tinggal ubah fungsi, dari kamera belakang ke kamera depan, maka kamera selfie yang designnya terinspirasi dari batu permata ini akan terangkat secara otomatis (rising camera).

Design rising camera membuat tampilan screen lebih maksimal, terutama saat kita main game online atau browsing dunia maya.

Dan kalau ingin lebih bereksperimen dengan foto selfie kita, ada fungsi di OPPO F11 Pro untuk meruncingkan dagu, membulatkan atau mengecilkan mata, mengkoreksi bentuk hidung bahkan bisa memutihkan gigi. Sudah bener-bener paket komplit nggak perlu download aplikasi mempercantik foto lagi.

Jadi silahkan berkreasi asal jangan terlalu berlebihan karena itu bisa berdampak tidak baik untuk para follower kita karena dianggap super alay.

Review Laptop ASUS

Ada sedikit cerita menarik waktu kami sudah sampai di Bandung, kita pergi ke suatu tempat makan di daerah Ciburial, sekitaran Dago Pakar. namanya Warung Langit.
saya sampai di sana sekitar jam 5 sore dengan belahan jiwa (ciieeee) dan berapa sahabat menikmati matahari terbenam sambil makan bakwan goreng dari bayam dipadu bandrek hangat. Boleh lah sesekali menjauh dari dari bisingnya kota.

Ulas-Review-Kamera-Oppo-F11-pro
"kok di sini jadi siang?" Celetuk keponakan kami, saat mengambil foto menggunakan OPPO F11Pro.
Di warung langit suasananya memang sangat tenang dengan udara yang masih sejuk ditemani suara hewan kecil di kebun organik yang mengelilingi area tersebut.

Melihat lokasi dan suasana seperti ini, saya pun nggak mau ketinggalan untuk mengabadikan kehadiran kita di Warung Langit.

Saat itu maghrib sudah menjelang, suara adzan sayup terdengar dari pemukiman yang posisinya berada di bawah kami. Mataharipun sudah hilang di ufuk Barat hanya tinggal semburat warna yang tertutup awan kelabu, lalu saya minta tolong sama salah seorang keponakan (Faren) untuk mengambil foto.

Tentunya pakai kamera OPPO F11 Pro karena semua sahabat saya yang ada di Warung Langit saat itu sudah tidak percaya dengan kamera di smartphone mereka masing-masing.
Kejadian lucunya adalah saat Faren yang baru berumur 12 tahun membantu kami mengambil foto menggunakan OPPO F11 Pro.

Tiba-tiba keponakan kami ini bergumam kecil sambil melihat ke screen handphone OPPO F11 Pro.

“Kok di sini jadi siang?”. Ujar keponakan kami pelan. Sebuah ungkapan terkejut saat melihat fotonya jadi terang di kamera OPPO F11 Pro. Padahal suasana saat itu sudah tidak ada matahari.

Kami yang mendengar sontak tertawa merespon celetukan spontan keponakan kami yang terlihat masih bingung sambil melihat ke layar OPPO F11 Pro.

Review Video Slow Motion OPPO F11 Pro yang Dramatis

Selain mode expert fotografi, fungsi slow motion video OPPO F11 Pro juga bikin saya pingsan (boong deng). Kalau mau lihat videonya ada dibagian bawah artikel ini ya.

Video slow motion yang dihasilkan OPPO F11 Pro bener-bener halus pergerakannya (tidak patah-patah), terlihat lebih dramatis, walaupun memang video yang dihasilkan tidak ada suaranya.
Saya yakin ini bakal jadi andalan teman-teman video maker yang suka bikin video. Kita jadi punya stock shoot video slow motion untuk memperkaya gambar.

Tidak perlu susah-susah lagi bikin video slow motion, tinggal sekali klik di OPPO F11 Pro dan Boommm..!!  kita sudah punya dan bisa menikmati slow motion video dengan efek yang dramatis.
OPPO F11 Pro mempunyai RAM 6 GB dan memori yang tersedia di dua pilihan 64GB dan 128GB dan masih bisa di tambah dengan slot memory external.

Kalau tertarik membeli OPPO F11 Pro, sedikit bocoran, kelengkapan yang ada di dalam boxnya, ada adapter, headset , 1 kabel micro USB, kartu garansi dan buku petunjuk, SIM card ejector yang bentuknya kayak peniti dan ada satu casing plastik, agar OPPO F11 Pro kita tetap terjaga myuuuluuss cyyiinn.

Selain kamera yang luar biasa, teknologi yang menurut saya tidak kalah penting adalah, VOOC flash charge 3.0 yang di klaim 20 menit lebih cepat dalam hal pengisian daya baterei.

Dan saya sudah pernah mencobanya, OPPO  F11 Pro sengaja saya kosongkan dan dari keadaan kosong, saya langsung charge, dalam waktu 5 menit Smartphone sudah terisi daya 20%.

Asumsinya untuk mencapai sampai 100% hanya butuh kurang lebih 20-30 menit.

Jadi kalau di tanya, sebandingkah dengan harga yang ditawarkan dengan keunggulan yang diberikan oleh OPPO F11 Pro?

Saya jawab yess, sangat sebanding, terlebih kalau kalian sudah memegang unitnya, kemudian menggunakan 16MP kamera depan untuk selfie atau mencoba kamera belakang dengan 48MP dengan diagfragma (f/1.79) dijamin anda akan langsung jatuh cinta dengan hasil fotonya.

Sedikit saran saya, antara penting tapi sangat penting, karena satu set chargernya saja (walau belum dirilis resmi) harganya dikisaran 800 ribu, jaga charger OPPO kita yang sudah support VOOC 3.0 ya, lumayan broo, kalau sampai hilang.

Terlebih system VOOC 3.0 tidak maksimal jika adapter charger, kabel dan smartphone digunakan terpisah. Jadi kalau charger yang support dengan VOOC 3.0 digunakan pada smartphone yang tidak support VOOC 3.0 tidak akan membawa dampak yang signifikan. Pun sebaliknya.

Penasaran sama detail tentang OPPO F11 Pro ini? Coba deh cek disini https://www.oppo.com/en/smartphone-f11-pro/ atau cari tahu tentang OPPO F11 Pro Marvel’s Avengers Limited Edition di sini: http://f11pro.oppomobile.id/avengersendgame/

So, Enjoy your new OPPO F11 Pro.


You Might Also Like

22 comments

  1. Hasil jepretan dg OPPO F11 jernih nget ya Broh. Malam hari juga gak kendala. Duuh jd tambah kebelet pngn nuker THR ma OPPO F11 ini mah wakakak

    BalasHapus
  2. Sebagai pengguna oppo f7, rasanya udah cukup puas.

    Tapi kenapa jadi kepingin ganti oppo f11?

    #kekepindompet :D :D

    BalasHapus
  3. Duh keren hasil jepretannya. Boleh pinjam? Hehee

    BalasHapus
  4. Hasil jepretan kameranya bagus ya mas. Keren deh
    Dan katanya Via Vallen juga pengguna Oppo.Kata dia "Sayang, Oppo kuwe krungu jeriting atiku..."
    :)

    BalasHapus
  5. ini beneran bisa gini opponya: meruncingkan dagu, membulatkan atau mengecilkan mata, mengkoreksi bentuk hidung bahkan bisa memutihkan gigi? Kok kalau bayangin jadi serem ya kalau moto pakai efek itu hehe. Oppo emang keren

    BalasHapus
  6. Panoramic ke sampingnya ciamik melihatnya, kalau dibuat ke atas pasti keren juga nih. Cocok kameranya buat nge vlog hihi

    BalasHapus
  7. Huaaaa cakep banget kameranya
    memang harga gak bohong ya, ini hasil fotonya sebanding banget sama harganya
    Aku juga kayaknya bakal nyelutuk sama tuh sama ponakannya mas, "kok jadi siang?" kalau lihat hasil fotonya terang benderang kayak gitu
    Apalagi pas lihat videonya. Slow motionnya bener-bener keren

    BalasHapus
  8. duhh jadi pengen ganti hape nih gw mas, apalagi hape lama emang udah retak hehehe..

    BalasHapus
  9. mantabb.. apalagi ada yutub video slowmo dari Oppo nya, ke tekape gan!

    BalasHapus
  10. Fitur slow motionnya keren banget, yang nuang kacang bikin ikutan kawatir kacangnya jatuh hehehhee,

    BalasHapus
  11. naksir berat sama OPPO F11 Pro! Fitur Slow Mo-nya keren banget! Kamera canggih, foto tetap kece meski minim cahaya. Ini gadget penting buat blogger macam saya dan pecinta foto foto keren :)

    BalasHapus
  12. Waaaw, cahaya minim juga hasil fotonya terang gitu. Cakep nih Oppo F11. Resolusinya juga gede banget ya. Pingiiin, tapi sek nunggu harganya turun dulu.. wkwk :D Noted nih Warung Langit.. Kalo kapan main ke Bandung pingin ke sana jadinya, bagus view-nyaaa... :D

    BalasHapus
  13. Aku kalo beli HP selalu perhatiin kameranya dulu pertama.. Apalagi soal foto makanan, karena beberapa kadang nggak keliatan detailnya atau warnanya otomatis berubah :(

    Tapi OPPO F11 ini bagus yaa keliatannya. Tadi liat foto makanannya auto-ngiler~

    BalasHapus
  14. Aku boleh pinjem juga ga? Eh udah dibalikin ya. Harga nggak bohong ya, spesifikasi bagus dan hasilnya juga ok.

    BalasHapus
  15. Aku pas nonton vlognya "baru mau saya pulangin rencananya" jangan dipulangin mas mendingan, langsung adopsi aja. Hahahahaaa...

    Btw ya ngomongin Oppo F11 Pro ini emang bikin iri sih dan aku sendiri penasaran waktu pertama beberapa teman yang sedang mencoba kamera yang diunggulkan itu "terang dalam gelap" bolehlah diacungkan jempol. Karena aku nyobain sendiri dari handphonenya kak Aie yang emang kebetulan pakai Oppo F11 Pro juga, ini tuh racun bahaya. Kameranya Oppo F11 Pro ini kalau buat City Scape malam hari cakepnya tiada dua ya, apalagi kalau dimaksimalkan.

    BalasHapus
  16. Wah OPPO F11 Pro jadi hape idaman saya juga nih karena hasil fotonya yang ciamik saat dalam keadaan low light maupun dalam kondisi penerangan yang bagus. Udah pernah coba sendiri juga take foto pake OPPO seri ini terus pulangnya sampe termimpi2 udah beli... Hahaha

    BalasHapus
  17. Aku cobain motret malem-malem pake OPPO F11 dong! Kirain bakal samar-samar hasilnya. Taunya jelas banget!

    Pingin juga nyobain yang seri pro. Mau foto malam jadi siang juga. 😀😀😀

    BalasHapus
  18. Wow.... jadi pengen punya oppo nih,pernah emang ngeselin bagusnya sih hasil dari oppo emang,mau yang seri apa ajah,jadi kalo ada temen yang foto pake oppo kita lebih milih foto pake hape dia,hehe.nabung2,biar bisa dapet Oppo.

    BalasHapus
  19. Bagus ya hasil kamera Oppo F11 nya. Pas banget mau nyari-nyari handphone kece yang handal dan bisa banyak aplikasi.

    BalasHapus
  20. Waduh udah pengen banget nih punya. Kameranya emang keren. Yang nyebelin pas foto2 sama temen2 yang diakui keren yang pake oppo,haha.

    BalasHapus
  21. Kemudahan menggunakan Oppo itu adalah banyaknya navigasi singkat untuk penggunanya

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Herbamojo Ajak Pecinta Land Rover Jelajah Alam Medan-Bukittinggi