Pemeran Atun di Film Si Doel Yang “Menyebalkan”

17.44

Pemeran Atun di Film Si Doel yang diperankan oleh Suti Karno memang bukan tokoh sentral dan untuk sebagian orang, sosok Atun akan terlihat menyebalkan. Tapi saya punya penilaian tersendiri tentang karakter yang dimainkan oleh adik kandung dari Rano Karno ini.


Pemeran-Atun-di-Film-Si-Doel
Pemeran Atun di Film Si Doel Yang “Menyebalkan”. Serius cewek satu ini menyebalkan
 
Jujur, karakter Suti Karno yang memerankan Atun di film si Doel produksi Karnos Film dan Falcon begitu absurd. Mulutnya ceplas-ceplos dan punya pemikiran yang random. Saya ingat saat versi sinetron dia sempat terjepit di tanjidor (alat musik Betawi), yang sampai selesai syuting pun, tanjidor ini susah untuk dilepas.

Film Si Doel diangkat dari sinetron terbaik (menurut saya) yang di produksi pada era tahun 1990 dengan judul Si Doel Anak Sekolahan. Bercerita tentang seorang anak Betawi asli yang berjuang melanjutkan pendidikan sarjananya.

Pemeran dalam film ini pun tidak jauh berbeda dengan pemain yang ada di sinetron. Para penikmat sinetron Si Doel Anak Sekolahan seakan di ajak bernostalgia ke belasan tahun yang lalu. Kalau saja para pemainnya masih di berikan umur panjang saya yakin, semua akan diajak main kembali.

Yang menarik adalah semangat Aminah Cendrakasih pemeran Mak Nyak. Walau sudah terbaring sakit dan daya penglihatan sudah tidak berfungsi, Mak Nyak tetap profesional menjalani syuting di tempat tidur.

Para kru pun dibuat kagum dengan kemampuan Maknya yang nampak tidak kesulitan menghapal naskah. Dan jujur, aktingnya luar biasa, intonasi serta artikulasi masih jelas terdengarbdi usianya yang sudah senja dan terkendala kesehatan beliau.

Belajar Mandiri dengan Mandiri Online


Pemeran Atun di Film Si Doel

Pemeran si Atun di Film si Doel menarik perhatian saya. Kini Atun hidup menjanda setelah Mas Karyo (suaminya) meninggal dunia dan di karunia anak lelaki yang kini sudah sekolah SMP. Masih tinggal dirumah yang sama, ngumpul bareng ibu, kakak dan pamannya, Atun kini jadi tempat curhat Zaenab yang dikisahkan menjadi istri Doel.

Mandra adalah paman (dalam bahasa Betawi Ncing) Atun yang selalu menjadi musuh “bebuyutan” dari dahulu kala. Semua hal kecil bisa jadi perdebatan sengit diantara mereka berdua. Kalau di versi sinetron mereka biasa berantem karena Mandra kepincut sama adiknya mas Karyo, padahal Mas Karyo dan Atun sudah ada hati sejak lama.

Di film inipun perselisihan Atun dan Mandra menjadi bumbu kelucuan tersendiri. Kelakuan Mandra terlihat kekanak-kanakan tapi masih sanggup mengocok perut para penonton. Atun yang di ceritakan sudah mempunyai anak tampak lebih bisa menahan diri dengan tidak terlalu meladeni keusilan Ncingnya. Namun celotehan khas Atun yang ngeselin tetap muncul.

Film Lima, Gambaran Kecil Indonesia Saat ini

Yang cukup membekas adalah ketika Atun mengomentari Zaenab yang sedang galau, sedih dan nangis sesegukan saat Doel yang berada di Amsterdam tidak dapat dihubungi.

“Gw rela kok Tun…” Ujar Zaenab sambil menghapus air mata.

“Rela-rela kok mewek (nangis)” Ujar Atun. Singkat, padat dan bikin keki.

Sebenarnya konflik film ini terlihat sederhana di awal film ini berjalan. Namun dipertengah, konfliknya makin rumit. Bahkan dipenghujung filmpun konflik itu belum menemukan jalan keluar.

Landskap kota Jakarta dan kota Amsterdam cantik terekam di film ini. Oplet legenda pun masih terparkir dihalaman depan rumah Doel dan keluarga, layout rumahnya pun tidak banyak berubah. Penasaran kan? Makanya, mumpung filmnya masih ada dilayar bioskop kamu harus tonton. Jangan ngarepin nonton gratisan di layar televisi, yuk dukung film Indonesia. Pemeran Atun di Film Si Doel
Pemeran Atun di Film Si Doel - Pemeran Atun di Film Si Doel - Pemeran Atun di Film Si Doel - Pemeran Atun di Film Si Doel

Pemeran Atun di Film Si Doel

You Might Also Like

0 komentar

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Dampingi Dan Beri Semangat Untuk Para Penyintas Diabetes Anak