Tips Bangun Rumah Agar Efektif dan Efisien

16.26

Memiliki dan membangun rumah atau hunian adalah impian semua orang. Entah rumah dengan lahan yang sangat luas ataupun rumah dengan lahan minimalis. Yang harus ditekankan saat membangun rumah harus efektif dan efisien.



Pengalaman saya belum banyak dalam membangun rumah, pernah punya hunian tapi kini sudah diinvestasikan ke hal lain. Hunian yang pernah saya punya itu pun tidak banyak saya renovasi, fokus hanya di kamar mandi, dapur dan halaman depan. Lainnya masih mengikuti struktur bangunan dari pengembang, hanya diganti warna cat yang sesuai saja.

Menurut Ferdy Apriadi Arsitek dari Ayya Architec, dijaman yang persediaan lahan yang makin sedikit dan makin mahal, dalam merenovasi atau membangun rumah harus efektif dan efisien. Terutama dalam konsep design dan material yang digunakan.

"Contoh untuk efisiensi ruang dalam design kamar mandi, perlu mensiasati agar hawanya tidak lembab. Baiknya minimal harus ada 2 ventilasi udara dalam satu ruangan". Ujar Ferdy.

Lahan yang sempit pun harus bisa diakali dengan cerdik, Ferdy Apriadi pernah membuat rumah dengan ukuran lahan 4x7 meter. Dengan membuat konsep rumah 4 lantai, Ferdy kemudian mengurangi dinding penyekat antar ruang, karena dinding yang tebalnya bisa mencapai 15cm tanpa disadari akan menyita lahan yang cukup banyak.

Itu kalau dari design, kalau dari material lain lagi. Pengalaman masa lalu saya, semua material dan pengerjaan di percayakan kepada orang mengerjakan renovasi rumah kami, karena saya tidak punya pengetahuan lebih mengenai konstruksi dan bahan bangunan.

Saya jadi tidak tahu, apakah material yang digunakan sudah efisien atau belum, bahkan material tersebut sudah sesuai dengan peruntukannya atau belum saja saya tidak tahu. Yang saya tahu, semua sudah terpasang dan terlihat di mata sudah sesuai dengan keinginan saya.

Contoh sederhana saat saya ingin merenovasi kamar mandi, untuk memasang keramik dilantai dan di beberapa bagian tembok dibutuhkan Nat untuk mengisi bagian antara keramik. Yang saya pahami, semua Nat adalah sama, ternyata tidak.

Carport, Dapur dan Kamar Mandi adalah ruangan yang mempunyai karakter berbeda untuk penggunaan Nat. Jadi kita tidak bisa menyamakan produk Nat yang sama untuk ketiga area terebut. Semisalnya saja untuk kamar mandi dibutuhkan Nat yang bisa menghambat pertumbuhan jamur dan tahan terhadap cairan pembersih sehingga Nat tidak mudah tergerus.

Rumah Efektif dan Efisien Bersama Mortar Utama Weber  

Ini yang coba dikembangkan oleh Mortar Utama Weber, yang paling penting pada industri konstruksi dan bangunan adalah peduli tentang masyarakat dan lingkungan. Untuk itu, Weber selalu membuat inovasi yang berguna sebagai solusi layanan yang lebih baik, Weber juga terus melakukan gebrakan-gebrakan dalam material bangunannya yang juga peduli lingkungan.

PT Cipta Mortar Utama merupakan perusahaan nasional pertama yang memproduksi mortar instan siap pakai (premixed mortar) dengan menggunakan mesin berteknologi  terkomputerisasi. Produk mortar instan tersebut dikenal dengan merek MORTAR UTAMA (MU)

MU-Weber sebagai market leader di industri mortar instan memberikan solusi atas permasalahan tersebut. MU-Weber menyediakan solusi produk yang spesifik sehingga memudah pelanggan untuk menentukan material yang tepat.

Berbicara mengenai Nat, Bapak Joni selaku General Manager Product Management menjelaskan bahwa MU-Weber sudah melakukan survei mengenai kendala apa saja yang terkait pemasangan Nat untuk pengaplikasian di rumah kita, dan setiap ruangan yang berbeda kebutuhannya.

Ehh, kalian sudah tahukan Nat itu apa?.

Saya coba jelaskan sesederhana mungkin ya, Nat itu hal yang dianggap gak ada sama orang awam seperti saya, tapi ternyata punya peranan penting.

Coba perhatikan keramik di rumah kita, antara keramik satu dan keramik lain ada jarak sekitar 2mm s/d 3mm benar nggak?, nah jarak atau sambungan antara keramik itu di isi oleh bahan yang biasa kita kenal dan disebut dengan Nat. Biasanya berwarna putih, walau sekarang sudah banyak Nat dengan warna yang bisa disesuaikan.

Lalu masalah apa saja yang terjadi dengan Nat yang selama ini kita gunakan di berbagai ruangan rumah kita.
Contoh masalah yang timbul untuk area kamar mandi adalah keramik dan Nat yang mudah tergerus saat disikat untuk dibersihkan menggunakan cairan pembersih, noda yang tidak bisa hilang dan jamur pada Nat dan keramik karena kamar mandi yang cenderung lembab.

Kemudian di wilayah dapur biasanya Nat dan keramik mudah rusak dan retak karena terpapar panas dari kompor, serta noda dari minyak atau bumbu masakan yang sulit dihilangkan.

Lain lagi kendala di carport atau garasi yang lebih mudah retak dan pecah karena beban serta warna yang memudar karena gesekan benda (ban) yang terus menerus.

Apa Cara Mudik Terbaik Menurut Kamu

Karena kebutuhan Nat yang beragam itulah, MU-Weber mengeluarkan produk MU-408 dengan 5 varian terbaru yaitu, MU-408 PowerBathroom, MU-408 ColorOutdoor, MU-408 ColorPool, MU-408 ColorKitchen dan MU-408 ColorFill.

Ternyata tidak hanya di tiga bagian penting diatas yang memerlukan Nat sesuai dengan fungsinya, MU-Weber juga menyediakan Nat khusus untuk kolam renang dan bagian outdoor seperti teras rumah.


Semua produk MU-408 diatas mempunyai keunggulan produk yang diformulasikan agar mudah dibersihkan. Sehingga bisa lebih tahan lama dan tetap terlihat indah.

Smartshield Pro pada MU-408 memiliki keunggulan anti jamur, lebih tahan terhadap cairan pembersih lantai dan tidak mudah retak.

Stain Repel membuat noda tetesan kopi, teh, saos, dan kecap tidak mudah menempel pada nat sehingga mudah dibersihkan. Sementara Active Defense MU-408 membuat nat tahan terhadap perubahan cuaca dan paparan sinar UV serta tahan terhadap gesekan benda berat seperti ban kendaraan.

Karena sudah tahu info ini, besok-besok jangan sampai salah menggunakan Nat untuk ruangan rumah kita ya...

Kalau Sudah Bangun Rumah Jangan Lupa Sama Pasangannya Ya?

You Might Also Like

35 komentar

  1. Wah, materialnya rekomended nih...kalo mau beli udah tersedia di mall bahan bangunan kan, kek mitra or depo bangunan gitu? Kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah ada dong,...banyak variannya pula.

      Hapus
    2. ada variannya...kok saya kebayang menu makanan ya ��

      Hapus
  2. aku baru tahu jenis nat juga waktu renov. Ternyata warna nat atau jenis nat berbeda bisa bikin penampilan keseluruhan ruangan juga berbeda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Learning by doing ya kak. Saya juga baru tahu. Dulu cuma paham Nat itu semen putih

      Hapus
  3. Info menarik mas, kalau nanti bangun rumah (aamiin) bisa dimanfaatkan nih.

    BalasHapus
  4. Wahh nambah ilmu lagi nih soal material. Kalo ke toko bangunan aku suka bingung gitu milih material yg baik yg mana, karena bagiku itu nampak sama semua :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yesss,...bener banget mbak, minimal masuk material ada gambaran seddiiikiitt

      Hapus
  5. Dulu sering mengandalkan suami sekaranh mau perbaiki lantai pecah - pecah saja binguuung

    BalasHapus
  6. nambah ilmu neh... dan semoga ga da nat diantara aku dan dia.. hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. aaaihhhhh, ada yang kagi jatuh cinta kayanya nih...

      Hapus
  7. wah, bisa belajar nukangin rumah nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan kak, Nukang itu berat. biar yang lain saja. kita cari pempek aja yuukk

      Hapus
  8. Adakah nat untuk bak dan lantia kamar mandi yang tahan lama, sehingga tidak mudah bocor?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada mbak,...pakai yang khusus kamar mandi. yang didesign lebih tahan lama. jangan kan bak kamar mandi, untuk kolam renang pun ada.

      kemugkinan bocor itu, karena saat proses membersihkan kamar mandi kita sering menggunakan cairan pembersih. ini yang bikin Nat sedikit demi sedikit Nat tergerus.

      Hapus
  9. Saya belum pernah pakai produk Mortar Utama, bisa nih jd referensi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga penasaran mas, kalau dilihat harga memang lebih tinggi. tapi kalau dilihat efisiensi dan kualitas sangat sebanding.

      Hapus
  10. dulunya kirain yang di sela sela keramik itu semen juga.. ternyata namanya nat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pikir juga semen biasa mbak...hahaha

      Hapus
  11. sebulan sesudah kebanjiran, lantai kamarku naik, suami bilang memang kopong klo diketuk2 lantainya kayak ada ruang kosong ... akhirnya itu lantai kamar yg pada naik dibuka semuanya atu2 sama suami trus dilapisin semen

    dari tulisan ini aku baru tau soal nat sama mortar

    BalasHapus
  12. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak,...beruntung ya kalau dapat kontraktornya yang baik dan jujur.

      Hapus
  13. Canggih nih semen. Kayaknya revolusi dari semen konvensional. Mantap! 😊👍

    BalasHapus
  14. Pas banget nih baca tulisan kak Satto. Kebetulan keramik di kamar mandi pada lepas gara-gara aku terlalu semangat bersihin lantai kamar mandi pakai pembersih yang keras formulanya. Kalau pake ini bisa kan yaa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laahhh semangat banget gosoknya mbak..? Ampe lepas gitu. Hahahaha.

      Coba pakai Nat yang sesuai peruntukkannya mbak, agar awet.

      Hapus
  15. Makasih om infonya kebetulan aku mau renovasi rumah.

    BalasHapus
  16. Wah kebetulan aku rencana mau bangun rumah niy mas makasiy informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau udah jadi main kerumahnya ahhhh.

      Hapus
  17. sodaraku kebetulan nyari keramik nih buat di rumahnya yang lagi direnovasi
    bisa jadi referensi baru nih
    thanks infonya, mas satto

    BalasHapus
  18. Nat di kamar mandi udah mulai renggang-renggang nih Mas.
    Pas banget pas baca ini, besok coba beli semen instan deh, trus kerjain sendiri deh. Mayan hemat bayar tukang. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wwahhh kalau udah selesai gantian kerumah ku ya mbak...

      Tolong lah...

      Hapus
  19. Thankyou for the tips, this is so useful about how to build a new home with efective and efisien. To build a new home is important to know about the planning, because the planning also can arrange the budget. If you dont arrange the budget, you will spent to much money. biesterbosgroep.nl

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

HIV AIDS sudah ada obatnya di indonesia