Artikel Populer Bulan Ini

Kuliner Unik di Tangerang Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly

Sebagai orang yang tinggal dan mempunyai pasangan hidup orang Tangerang, Banten, Kalau ada yang tanya kuliner unik di Tangerang apa? Saya akan kesulitan untuk menjawab, selain pecak bandeng gak tau apalagi yang harus di promosikan. Sebenarnya ada banyak, tapi saya aja yang mainnya kurang jauh, lebih hapal tempat ngopi, gak pernah explore lokasi kuliner di Tangerang. Faktornya adalah, lokasi kediaman kami yang lebih dekat ke Jakarta.

Menikmati sate domba olahan benua Afrika

Begitu denger kabar sate domba afrika haji Ismail Coulibaly Tanah Abang buka cabang di Tangerang, waahh ini kesempatan yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Pertama, saya suka makan sate kambing, beruntung pasangan hidup saya bisa mengerem keinginan, agar terhindar dari kelebihan kadar kolesterol dalam tubuh. Kedua, sudah sering denger sate domba afrika haji Ismail Coulibaly tapi belum pernah kesampaian, karena butuh "perjuangan" untuk bisa ke gerai di tanah abang.

Buat para pecinta sepak bola khususnya fans Barito Putra dan PERSIB Bandung, pasti familiar dengan Jibril Coulibaly, wiihh kok nama belakangnya bisa sama dengan pemilik sate domba Afrika haji Ismail Coulibaly? Ternyata ini semacam marga di benua Afrika khusunya di negara Mali tempat kedua orang tersebut lahir.

Haji Ismail Coulibaly memulai usahanya sejak tahun 1998, dan tetap eksis sampai sekarang. Selama ini tidak ada niat membuka cabang, sampai akhirnya mas Angga dan mbak Lira silaturahmi dan niatnya membuka restoran Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly Tangerang cabang Tanah Abang, di sambut baik oleh pak haji Ismail dan keluarga.

"Banyak temen kerja di kantor yang bela-belain mampir untuk makan Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly, kalau mereka sedang ada tugas di jakarta" Ujar mas Angga yang berprofesi di industri maskapai penerbangan, ketika saya tanya alasan kenapa memilih kuliner khas dari Afrika ini.

Rencana yang sudah tertunda akibat pandemi, akhirnya bisa terlaksana di bulan September 2022. Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly Tangerang cabang Tanah Abang resmi dibuka. Lokasinya gak jauh dari Bandara Soekarno Hatta, aksesnya bisa lewat jalan Utara arah kota Tangerang. Tepatnya di Food Court Si Bungsu, Jl. Marsekal Suryadarma No. 18, Neglasari, Tangerang, Banten Neglasari, Tangerang.

Kalau dari tempat tinggal saya, hanya 30-40 menit menggunakan motor. Dari Ciledug, ke arah perempatan Cikokol, belok kanan, lurus terus sampai mentok dan belok kiri, sampai deh di lokasi. Gampang kan?

Pemilihan tempat sudah dipikirkan secara matang, selain dekat dengan wilayah perkantoran khususnya yang berhubungan dengan maskapai penerbangan, logistik dan lainnya, kelebihan Foodcourt si Bungsu adalah tempat ibadah(musholla) yang nyaman.

"Disini enak, bisa bawa keluarga dan ada tempat sholatnya" Ujar mbak Lira. Jujur, ini masuk kriteria kami, memilih coffeshop langganan.

Mas Angga dan Mbak Lirra yang berkolaborasi dengan haji Ismail untuk membuka cabang sate domba afrika di Tangerang

Menu Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly Cabang Tangerang

Sebelum kita bahas pengolahannya, saya mau perjelas, bahwa, sate domba Afrika itu maksudnya daging domba yang diolah dengan ciri khas benua Afrika. Nah daging dombanya sendiri asli Indonesia diambil langsung dari peternak yang sudah bekerjasama dengan haji Ismail.

Pengolahan Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly sangat berbeda dengan sate Madura atau sate di Indonesia yang menggunakan bambu sebagai penusuk daging saat dibakar, lalu ada bumbu kacang atau kecap sebegai pelengkap. Sate domba Afrika, daging langsung diolah/dibakar di atas api layaknya steak, nah setelah dibakar/grill ada proses lainnya yang membuat sate ini semakin nikmat.

Daging domba pilihan yang sudah diolah, pertama di bakar, lalu setelah itu di "ungkep" selama 45 menit dalam panci tertutup agar lemaknya bisa terbuang dibagian bawah panci, lalu dibakar lagi sampai kadar keempukan yang diinginkan. Lain halnya dengan steak, kita tidak bisa memilih olahan dagingnya rare, medium atau well done. Lalu disajikan dengan irisan bawang bombay, beeuuhhh ini makin ajib terlebih dipadu sambal dan saos mustard.

Teknik mengolah domba seperti ini diyakini oleh haji Ismail aman bagi orang yang mempunyai masalah dengan darah tinggi atau kolesterol. Jujur sih, ini yang saya rasakan, setelah siang makan satu porsi, lalu malam makan satu porsi, alhamdulillah belakang kepala nggak berat kaya dipasangin ban vespa.

Saya melihat sendiri sisa lemak yang terpisah dibagian bawah panci hasil dari "ungkepan" daging domba. Gak kebayang kalau sebagian lemak itu saya konsumsi, bisa cenat-cenut kepala ini.

Haji Ismail Coulibaly, Pria Asli Mali, Afrika.

Restoran Ayam Taliwang Mataram Terenak di Jakarta


Selain cara pengolahan daging domba yang unik, menunya gak kalah unik. Saya pikir makan pisang goreng pakai sambal roa khas manado sudah unik, ternyata di benua Afrika, mereka makan daging domba dengan pisang goreng (tanpa tepung). Karena di benua Afrika nasi bukan makan utama, menanam padi di Afrika sangat tidak mungkin, karena curah hujan pertahunnya yang tidak banyak.

Dan inilah kali pertama, saya menikmati makan Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly dengan pendamping pisang goreng. Bagaimana rasanya? Yummmmiiii, kaya ngemil tapi bikin kenyang, karena jujur porsi pisang gorengnya lumayan banyak untuk saya.

Ada tiga paket menu yang ditawarkan, Paket Sate Nasi Putih, Paket Sate Nasi Kebuli, dan Paket Sate Pisang Goreng. Menunya relatif sama dengan yang di Tanah Abang, bedanya tidak ada nasi kebuli di tanah abang, adanya nasi goreng. Bahkan menu minumannya pun sama, air mineral, teh (es/hangat) dan air jeruk (es/hangat), pun dengan harganya tidak ada perbedaan.

Jadi untuk kalian yang lagi mencari kuliner unik di Tangerang, bisa cobain Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly cabang Tanah Abang. 
Bahkan untuk kalian yang baru mendarat dari pesawat di bandara Soekarno Hatta, dan ingin merasakan empuknya daging domba olahan khas Afrika, bisa langsung cuus lewat jalan parameter utara arah Tangerang, set Gmaps ke Foodcourt si Bungsu, nanti lokasinya ada disisi kiri jalan.

Atau yang males bergerak bisa pesan di Gofood dengan nama merchant Sate Domba Afrika H Ismail Coulibaly Tangerang

Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly Cabang Tangerang  

Foodcourt Si Bungsu 
Jl Marsekal Suryadarma No 18 Karangsari, Neglasari, Tangerang, Banten  
Pemesanan: 0856-93424026 
Instagram: @satedombaafrika.tangerang  
Jam Operasional Senin – Sabtu Pukul : 10.00-17.00 WIB

Daftar Menu Sate Domba Afrika Haji Ismail Coulibaly Tangerang
  • Paket Sate + Nasi Putih         Rp.55.000
  • Paket Sate + Nasi Kebuli       Rp.65.000
  • Paket Sate + Pisang Goreng  Rp.63.000
  • Sate Domba Afrika                Rp.50.000
  • Nasi Kebuli                            Rp.20.000
  • Nasi Putih                              Rp.8.000
  • Goreng Pisang                       Rp.15.000


Komentar

Paling Banyak di Baca