Pinter Bener Financial Planner Bersama Mitsubishi Xpander

Mei 10, 2019

Rima judulnya lucu ya? pintER, benER, plannER dan Mitsubishi XpandER pokoknyaaa Eeeerrrrr. Baaah bisa sekali penulis yang satu ini (Diihh muji diri sendiri).

Tapi ini bukan sembarang judul, bukan sembarang rima. Saya mau kasih tahu kenapa #PilihXpanderPinterBener cuusss di tengok paragraph demi paragraph jangan langsung dilewatin dan langsung ke ujung artikel (penulisnya maksa).


Sebelumnya saya ingatkan, kalau tulisan ini tidak akan membahas detil masalah spesifikasi Mitsubishi Xpander. Teman-teman bisa langsung meluncur ke website resmi Mitsubishi (https://www.mitsubishi-motors.co.id/our-cars/xpander), atau kalau mau baca-baca ulasan media secara detil bisa langsung ke https://otomotif.kompas.com.

Perkenalan pertama saya dengan Xpander secara personal terjadi pada 7 Februari 2018, di pabrik mereka yang berlokasi di Cikarang-Jawa Barat.

Pabrik yang diresmikan oleh presiden RI Joko Widodo pada April 2017 ini merupakan pabrik yang memproduksi unit Mitsubishi Xpander.

Tidak hanya itu, di bulan April 2019 sudah memproduksi Mitsubishi Pajero. Dan kedepannya L300 pun akan diproduksi di pabrik MMKI.

Dengan investasi 7 triliun pabrik seluas 51 hektare dengan 3000 karyawan ini, sampai November 2018 sudah berhasil memproduksi 152.001 unit kendaraan. Sementara kemampuan pabrik ditargetkan bisa memproduksi 160.000 unit pertahun.

Di Pabrik ini pula, saya pertama kali menjajal Mitsubishi Xpander secara langsung dengan track yang sangat menantang, rancangan dari Rifat Sungkar. Dan pengalaman itu tidak pernah bisa saya lupakan dan selalu saya ceritakan ke semua orang, (maaf kalau norak ya).

Kalau mau tahu tentang tulisan saya saat mengunjungi pabrik Mitsubishi, silahkan baca langsung di Artikel ini ya.

PABRIK MITSUBISHI DI CIKARANG

Nah di IIMS 2019, lagi-lagi saya berjodoh sama si “gahar” dari Mitsubshi ini. Kenapa saya bilang “gahar” coba deh perhatian spoiler depannya, beuuhh gahar coiiii.

Kalau mobil ini bisa ngomong seperti Kitt di film Knight Rider (jadul ya?) Xpander itu bakalan ngomong, “lintasan macam apa saja siap saya libas dengan nyaman”.

Gahar itu hanya istilah dari saya, tapi kalau mau kalimat sesuai brosur adalah, design yang futuristik. Yess seriusan, design ini yang membuat saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama 1 tahun lalu saat pertama ketemu dengan mobil produksi dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia, MMKSI.

Di IIMS 2019 kali ini pun saya sempat test drive (bersama Mas Rahab) Xpander type Ultimate yang kini sudah di lengkapi dengan HSA atau Hill Start Assist, atau asisten saat di jalan menanjak (bener gak sih istilahnya? Kok jadi ragu ya).

Teknologi ini di peruntukan saat kendaraan bertransmisi automatic berada di tanjakan. Fungsinya saat berhenti di tanjakan dan akan mulai berjalan, kita tidak perlu tergesa-gesa injak pedal gas terlalu dalam, karena efeknya (mungkin) akan overspin dan tidak efisien bahan bakar.

Teman-teman tinggal masukkan perseneling ke posisi D (drive) lepas pedal rem (disinilah HSA bekerja), mobil tidak akan mundur.

Sekali lagi saya ulang, setelah pedal rem dilepas, mobil tidak akan mundur selama kurang lebih 5 detik (tergantung sudut kemiringan). Ini memberikan kesempatan agar kita menginjak pedal gas dengan lembut dan tidak terburu-buru. 

Sistem HSA pada Xpander masih berfungsi dengan baik di sudut tanjakan 30 derajat, dan sudut curam seperti ini hanya sering kita temukan di track perbukitan yang curam. Kalau didalam kota, saya jarang sekali melihat tanjakan dengan sudut 30 derajat, Ada tapi jarang.


Di Indonesia Internasional Motor Show 2019, Mitsubishi Motors mengusung tema “Drive Your Ambition”. Dengan both di dominasi warna hitam dipadu oramen garis merah, mampu menonjolkan produk-produk yang di pajang pada tahun ini.

3 produk andalan Mitsubishi yang di pajang adalah, Mitsubishi Pajero Sport yang salah satu variannya (Dakar 4x4) dipajang dilantai pameran dengan sudut kemiringan 30derajat. 

Lalu ada mobil pikap kabin ganda Mitsubishi Triton 4x4 yang di bagian belakangnya terlihat membawa moge (motor gede).

Terakhir adalah produk yang menjadi idola baru para pecinta otomotif Indonesia, Mitsubishi Xpander. Total ada 6 unit yang di pajang di area both Mitsubishi Motors, dan yang paling mendapat perhatian adalah 2 unit Xpander (Limited Edition dan Xpander AP4 Concept).

Untuk Xpander Limited Edition, hanya akan diproduksi 1000 unit. Secara spesifikasi mesin, rangka dan suspensi tidak ada perubahan. Yang jelas ada ubahan di sisi eksterior dengan stiker sporty, dilengkapi dengan design pelek yang baru. Interior pun dilengkapi dengan jok kulit serta system audio dengan kualitas baik.

Sementara untuk varian Xpander AP4 Concept adalah mobil oprekan Rifat Sungkar (Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia) yang dipersiapkan untuk balapan.

Sekilas dari jauh (kita tidak bisa mendekat) saya lihat bagian dalam mobilnya terdapat rollbar untuk memperkuat rangka khas mobil rally, lalu bodi dasar berwarna putih Xpander AP4 Concept ini di penuhi potongan segitiga warna merah dan hitam secara acak.

Mobil ini makin “gahar” dengan penambahan spoiler depan dan belakang, body yang terlihat lebih lebar dan pelek yang dilengkapi ban khusus reli.

Keseruan di Both Mitsubishi IIMS 2019

3 Mei 2019, saya berkesempatan mampir ke lokasi pameran Mitsubishi Motors di IIMS 2019. Selain melihat produk-produk andalan Mitsubishi Motors, banyak aktifitas menarik di both Mitsubishi. Ada pojok #PinterBener, yang aktifitasnya adalah menjawab pertanyaan yang di ajukan dilayar monitor.

Dan saat berhasil menjawab semua pertanyaan dengan benar, maka kita akan mendapat bingkisan menarik dari Mitsubishi. Tapi dengan syarat harus posting keseruan di both Mitsubishi ke akun Instaram kita masing-masing.


Saat jam menunjukkan pukul 19.00, di panggung tengah saat itu sudah bersiap band yang menamakan diri mereka The Kangkung. Konon mereka adalah para jurnalis otomotif yang punya hobi, genjrang-genjreng, gebak-gebuk dan bengak-bengok (apasih maksudnya?). Intinya mereka senang bermain musik.

Penampilan mereka malam itu ditutup dengan sebuah lagu dari NAIF Band (group favorit saya) dengan judul Piknik 72. Acara kemudian dilanjutkan dengan talkshow financial planning bersama Farah Dini Novita dari JOUSKA.

Hal sederhana yang saya tangkap dari talkshow tersebut adalah, kita yang harus menggunakan uang, bukan uang yang menggunakan kita.

Kita harus bener-bener pinter (#PilihXpanderPinterBener) agar tujuan kita bisa tercapai. Karena financial planning bukan hanya berhemat dan menabung saja, tapi bagaimana caranya kita mencapai tujuan yang kita tetapkan.


Nahh para milenials harus mempunyai pemahaman ini, karena jika tidak, teman-teman akan terjebak hanya mengikuti gaya hidup tapi tidak punya cadangan dana untuk jaga-jaga. 

Semua harus diperhitungkan, misalnya kita mau membeli mobil dengan cicilan.

Pastikan cicilan kita tidak lebih dari 30% dari total pendapatan kita sebulan, agar pendapatan kita bisa dialokasikan kekebutuhan lainnya.

Dan kalau mau beli mobil ingat #PilihXpanderPinterBener kenapa? Pertama, Mitsubishi Xpander lebih Pinter mengenai biaya perawatan, lalu makin pinter dengan harga sparepart yang kompetitif dibandingkan dengan yang lain dikelas yang sama.

Selain itu juga konsumen mendapat layanan paket SMART tipe Gold. Manfaatnya adalah biaya perawatan gratis sampai tiga tahun atau 50.000 km. Sudah termasuk part service berkala, produk chemical, aplikasi water repellent dan asuransi kecelakaan selama satu tahun.

#PilihXpanderPinterBener Setuju kan?

You Might Also Like

0 comments

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

FWD Go Green Ikut Lestarikan Hutan Indonesia