Menikmati Berita Olahraga Dengan Ilustrasi Menarik di Gorilasport

03.40

Ada cara baru dalam menikmati kabar olahraga ter-update kalau kamu mengakses gorilasport.com. Kalian senang membaca berita olahraga? Kalau saya yang ditanya, dengan lantang saya jawab “Pastii..!”. Tujuan membaca berita olahraga itu agar sehat, karena saya seperti tersugesti, seakan-akan  sudah berolahraga dengan membaca berita olahraga (ini jangan di contoh).

Bapak Johari Zein saat memberi penjelasan mengenai gorilasport.com
Saat membaca berita olahraga di portal berita lain, kita hanya membaca deretan teks, tapi di gorilasport.com kita juga dimanjakan oleh karya-karya ilustrasi kreatif dalam bentuk gambar. Yupps di sini kita seakan membaca komik namun isinya tentang berita olahraga terkini.

Belum membuka portal atau sosial medianya, saya sudah terbayang betapa berwarnanya portal berita olahraga ini. Tidak hanya itu, kebebasan, kreatifitas para ilustratornya akan memberi sundut pandang yang menarik dan sedikit menyentil layaknya karya komik pada umumnya.

Kenapa namanya Gorila? Tentu penasaran dengan penamaan portal berita yang mengkhususkan di bidang olahraga dengan ilustrasi ini kan?

Gorila yang mulai "bergentayangan" di dunia maya April 2016 silam, merupakan singkatan dari tiga orang pendirinya. Mereka adalah Leo Tigor Pasaoran (Go), Johari Zein (Ri), dan Sheila Rooswitha (La). Pak Johari pun yang menjadi Direktur utamanya.

Pak Johari yang saya temui saat FGD di hotel Fairmont Jakarta bercerita banyak mengenai kesibukan beliau. Berawal saat pensiun dan menjadi komisaris di salah satu layanan ekspedisi terbesar di Indonesia, ide kreatifnya tak terbendung.

Kecintaanya pada dunia corat-coret (gambar) memberinya ide untuk membuat sebuah start up yang mengkombinasikan berita dan ilustrasi.

Setelah berbincang banyak dengan Sheila Rooswitha salah satu instruktur gambarnya, kemudian memutuskan untuk mengajak Leo Tigor Pasaoran yang lebih mengenal dunia olahraga. Lahirlah sebuah portal berita olahraga dengan paduan ilustrasi dinamis nan kreatif www.gorilasport.com.

Gorilasport pada dasarnya ingin memberi wadah bagi para komik atau ilustrator dengan karya-karya yang terkait dengan dunia olahraga agar bisa lebih berkembang.

Saya yakin orang Indonesia punya banyak talenta berbakat di dunia komik atau ilustrasi, namun wadah mereka di dalam negeri masih kurang atau (bisa jadi) tidak dihargai dengan baik.

Pasti pernah dengar, kisah ilustrator asal Indonesia yang berhasil bekerjasama dengan publisher komik kelas dunia. Dan itu tidak hanya 1-2 orang saja, ada banyak. Saya yakin kalau mereka diberi ruang, Indonesia akan punya industri kreatif yang tidak kalah dibanding negara lain.

Keluarga si Gori

Kesampaian foto bareng om Nunk. Setelah berpuluh tahun cuma menikmati karyanya (si Gundul).
Ada yang menarik saat saya hadir di FGD bersama GorilaSport.com, yaitu bertemu dengan Hanung alias Nunk. Pernah familiar dengan alias Nunk? Kalau kalian pembaca tabloid BOLA yang sudah berhenti terbit bulan Oktober 2018 lalu, Om Nunk (saya memanggilnya) adalah pembuat ilustrasi si Gundul.

Karakter Si Gundul sangat ikonik bagi tabloid tersebut, hampir di setiap edisinya selalu membawa cerita dan warna sendiri. Karya om Nunk bisa membuat emosi kita di plintir dan selalu bisa membuat kita tersenyum.
Edisi terakhir si Gundul karya om Nunk. Selalu "nyempil" sebuah kelucuan. Perhatikan pemain nomor 5 yang sedang sibuk sendiri.
Setelah tabloidnya ditutup dan si Gundul di pensiunkan, kini om Nunk berkarya kembali bersama gorilasport.com dengan karakter Keluarga si Gori.

Yupppss, keluarga si Gori bisa jadi pelepas rindu para pecinta si Gundul. Coretan khas Om Nunk dan sentilan jenakanya bisa membuat kita tertawa. Kalau si Gundul lebih fokus ke satu karakter, keluarga si Gori diperkuat oleh 3 karakter, Ayah, Ibu dan si anak.

Sayangnya saya lupa menanyakan, karakter Gori itu si ayah, ibu atau anaknya. Nanti kalau sudah dapat informasi detil akan saya update kembali.

Edisi pertama Keluarga si Gori semakin menguatkan memori saya dengan karya-karya om Nunk terdahulu.

Sebuah settingan di lapangan bola, ketika para pemain sedang menjalani sesi foto tim. Ada satu pemain yang terlihat meringis disepanjang sesi foto. CEO yang hadir saat itu berteriak agar pemain tersebut tersenyum dan jangan meringis.

Namun apa yang terjadi…? Kalian lihat saja gambar di bawah ini ya.
Karya jenaka dari om Nunk untuk gorilasport.com. Lagi-lagi pemain nomor 5 membuat "keributan"
Dunia olahraga kita di dunia memang belum banyak yang bisa dibanggakan, walau kita andalan di beberapa cabang olahraga, tapi prestasinya naik turun tidak stabil.

Faktornya banyak, ada dari masalah pembinaan sampai kesalahan manajemen. Kasus yang sedang hangat saat artikel ini saya tulisan adalah mengenai KLB PSSI yang memunculkan 5 nama calon ketua PSSI.

Terkait isu ini, artikel Gorilasport.com yang berjudul, "KLB di Gelar, Ketua Umum Baru Ramai di Bicarakan" dikemas dengan ilustrasi yang sangat ciamik, karya yang bisa di tafsirkan berbeda-beda oleh sebagian orang.

Tips Wisata Bandung, Mau Tau?

Sebut saja ilustrasi Basuki Tjahaya Purnama yang digambarkan membawa gergaji mesin dan siap menebang pohon yang bertuliskan mafia bola. Lalu ada Gede Widiade yang baru saja mundur dari jabatan dirut Persija dan di Ilustrasikan Gede Widiade sedang berdiri di depan sebuah mobil berwarna orange dengan (menurut saya) kepulan asap hitam di bagian mesin. Apa coba maksudnyaaahh..?

Lalu ada ilustrasi Muhaimin Iskandar di sebuah banner besar dipinggir jalan, tentu kita sudah familiar sekali dengan paras bapak ini kan? Yang beberapa waktu lalu massive merajai papan iklan besar di sepanjang jalan. Kemudian ada Achsanul Qosasi presiden Madura United yang digambarkan sedang berbincang dengan petani garam khas pulau Madura.

Yang tidak mungkin adalah ilustrasi Erick Thohir yang sedang membaca tabloid Gorilasport.

Kenapa tidak mungkin, karena saat ini GorilaSport belum ada dalam versi cetak, jadi tidak mungkin. Seperti Erick Thohir yang tidak mungkin menjadi ketum PSSI, karena sampai saat ini dia masih menolak untuk dicalonkan.
Sumber: gorilasport.com
Perpaduan tulisan dan gambar menjadi kekuatan besar GorilaSport.com. Dengan membaca kita dapat informasi detil sebuah berita. Dengan ilustrasi kita bisa melihat visualnya semakin dekat, semakin nyata sehingga membuat imajinasi kita tentang sebuah berita semakin dalam.

Semoga GorilaSport.com bisa terus konsisten dan berkarya kreatif, bebas merdeka dengan batasan tanggung jawab untuk memajukan olahraga Indonesia.

GaleriSport.com
Graha Antero Lantai 5, Jl. Tomang Raya No. 27
Jakarta, Indonesia, 11440
Telepon: 021-5635574
Email: gorilasport.indonesia@gmail.com
Homepage: www.gorilasport.com
Facebook: gorilasport.id
Instagram: @gorilasport
Twitter: @gorilasport_id

You Might Also Like

13 comments

  1. Wah ternyata aktor di belakang layar Gorila adalah kreator si gundul ya :)

    BalasHapus
  2. waaa inget si gundulll... btw, pengen bgt dateng ke acara ini tapi gak keburu waktu itu, huhuhu..

    BalasHapus
  3. Ohhhhh, gambar - gambar kartun lucu itu om Nunk tohhhh. Pernah lihat tapi ngga tau siapa dibalik karya lucu itu hihihihi. Jadi dulu om Nunk pegang pensil, sekarang pegangannya Wacom ya om hihihi. Kerennnn.

    BalasHapus
  4. kaya berasa baca komik gitu ya mas, kayaknya aku pun yang kurang paham sama istilah2 dunia olahraga juga bisa menikmati gorillasport ini deh.

    BalasHapus
  5. Saya termasuk yang juaranggg baca berita seputar olahraga. Tahunya cuma kulit2 luar aja, nama2 atlet terkenal, tanpa tahu seluk beluk dan berita2 teranyar. Kecuali kalau ada event gede semacam Asian Games, yang diselenggarakan di tanah air. Ckckckc. Mungkin karena gak memulai membaca kali ya. Ibarat kenalan dulu mana tahu jodoh, baca dulu mana tahu suka. Hmm. Barangkali dengan mulai membaca tulisan seputar olahraga, saya jadi tertarik baca terus. Lumayan juga menambah wawasan dan topik ngobrol dengan ehmmmmmm........Gorulasport, boleh juga neh
    #komentartjurhat

    BalasHapus
  6. Keren banget ini idenya. Bikin berita dalam bentuk komik. Saya yang sebetulnya bukan penikmat berita olahraga juga jadi bisa menikmati :)

    BalasHapus
  7. NAMANYA KEREENNNN, AKU SUKAAA....
    Sebagai penikmat berita non-olahraga, kayanya aku bakal mampir, soalnya komiknya menggoda sih. :))

    BalasHapus
  8. Bikin betah ya baca berita olah raga ala komik gini, yuk akh komikers makin eksis nih di gorilla sport

    BalasHapus
  9. Aku kepoin IG nya Gorila emang keren dan informarif

    BalasHapus
  10. keren keren yaaa, aku suka nih sama komik kaya gini. apalagi kalau yg buat orang indonesia, beuh...

    BalasHapus
  11. Sekarang mau cari berita olah raga gampang banget ya kak, download ah... Biar aku gak ketinggalan sama info olah raga terkini.

    BalasHapus
  12. wah, ini bakal jadi porttal berita olahraga yang makin gak ngebosenin karena dimanjakan dengan kreativitas2 gambar yang ada. cara baru dan asik baca berita olahraga di Gorila ya pak satto.

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Pinter Bener Financial Planner Bersama Mitsubishi Xpander