Bandara Soekarno-Hatta Peringkat 63 World’s Best Airport 2016 versi SkyTrax

11.35

Total international airport di dunia kurang lebih ada sekitar 800 bandara. Kalau bandara international Soekarno-Hatta berada di posisi 63, itu membanggakan atau tidak..?.

Kalau menurut saya sih membanggakan lah, walaupun  terjadi penurunan peringkat dari tahun sebelumnya yang berada di posisi ke-57. Ini karena adanya proyek pembangunan terminal 3 yang baru saja beroperasi pada Agustus 2016 lalu.



Memang masih jauh tertinggal dari bandara international tetangga sebelah yaitu Changi Airport di Singapura yang selalu menjadi the World’s Best Airport 4 kali berturut-turut sejak tahun 2013, 2014,2015 dan 2016.

Oke tidak usah jauh-jauh membandingkan dengan Changi, di kawasan asia tenggara kita pun masih kalah oleh bandara Bangkok Suvarnabhumi di Thailand yang berada di peringkat 36.

Ini salah satu sudut di terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta Tangerang

Walaupun begitu, ada sedikit kebanggaan ketika bandara Soekarno-Hatta pada 2016 peringkatnya berada lebih baik dari, Los Angeles Airport, Manchester Airport, Guangzhou Airport bahkan Perth Airport di Australia. Keren kan?

Tahun 2017 Angkasa Pura 2 memilih Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara Kualanamu untuk di usung agar menjadi The World’s Best Airport versi Skytrax. Bandara Soekarno-Hatta, berharap dengan kehadiran terminal 3 bisa menaikkan peringkat mereka ke posisi-50.

Lalu bagaimana dengan bandara Kualanamu?. Kalau melihat trendnya, menurut saya Bandara Kualanamu bisa lebih baik dari bandara Soekarno-Hatta. Dengan fasilitas yang lebih baik, khususnya fasilitas transportasi pendukung berupa kereta cepat khusus bandara bisa menjadi nilai lebih bandara Kualanamu. Syaratnya kita harus dukung dengan ikutan votting online dari skytrax dengan mengakses www.worldairportsurvey.com.

Selain itu, Angkasa Pura 2 juga berharap tahun ini peringkat Bandara Soekarno-Hatta bisa menjadi bandara bintang-4 dari yang sebelumnya bintang-3. Sementara untuk Kualanamu bisa menjadi bandara dengan standard bintang-5.



Bandara international yang terakhir saya kunjungi adalah bandara Soekarno-Hatta pada November 2016 lalu. Sejak kehadiran terminal 3, kondisi terminal 1 dan 2 sedikit lebih teratur dan tidak terlalu riwueh seperti terminal bis.

Cerita saya tentang Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta


Indikatornya ketika saya mendarat di terminal 1, kalau sebelumnya untuk mengambil bagasi bisa memakan waktu yang cukup lama, tidak untuk kali ini. Saya hanya singgah di kamar kecil untuk menuntaskan sesuatu yang tertahan, namun begitu saya tiba di lokasi pengambilan bagasi, hanya tersisa koper saya saja. Biasanya saya harus menunggu cukup lama sebelum koper-koper itu keluar dari rel berjalan.

Untuk Terminal 3 saya punya cerita sendiri, untuk saat ini terminal 3 merupakan bandara termegah yang pernah saya kunjungi. Karena saya belum pernah mengunjungi bandara Kualanamu dan bandara Ngurah Rai, yang menurut beberapa orang tidak kalah keren.

Fasilitas di terminal 3 berupa meja dan sumber power listrik ini bisa digunakan oleh para penumpang yang menunggu penerbangan
Terminal 3 mempunyai design yang berbeda dengan terminal 1 dan 2 Soekarno-Hatta. Langit-langit yang tinggi dan dominasi warna silver dan futuristik membuat terminal 3 terasa lebih modern  namun tetap dengan sentuhan Indonesia.

Selain terus membenahi pembangunan infrastruktur, Angkasa Pura 2 mulai mengembangkan pelayanan dalam bentuk digital yaitu Applikasi Indonesia Airport  yang dapat di download di playstore (untuk saat ini hanya untuk pengguna android). Aplikasi ini bisa di gunakan untuk  bandara yang berada di bawah pengawasan AngkasaPura 2.

Setelah registrasi kita harus memilih Bandara mana kita berada, lalu kita akan masuk ke menu utama. Di sini kita bisa memilih bermacam menu sesuia yang kita butuhkan

Aplikasi ini bisa digunakan untuk melihat jadwal pesawat yang akan mendarat/arrival ataupun yang akan berangkat/departure secara realtime. Jadi kita bisa melihat status penerbangan yang kita inginkan saat akan berangkat atau saat akan menjemput kerabat.

Jadwal keberangkatan dan kedatangan di hadirkan secara realtime di aplikasi ini. jadi kita bisa memantau status penerbangan di bandara tersebut.
Kita juga bisa melihat flight radar di aplikasi IndonesiaAirport, ini sih buat seru-seruan dan menambah ilmu pengetahuan kita aja sih. Jadi di flight radar, kita bisa “memantau” pergerakan pesawat yang kita tunggu sudah sampai mana. Tidak hanya itu, waktu tempuh, jarak, type pesawat, sampai perkiraan waktu mendarat dan kurang berapa kilometer lagi mendarat di bandara tujuan semua tercantum jelas. Menurut saya sih keren ya.

Kita tidak hanya bisa melihat flight status, tapi juga flight radar. menariknya kita bisa tahu jarak tempuh, estimasi mendarat atau dellay sampai berapa kilometer dan berapa menit lagi pesawat ini akan mendarat
Selain itu kita bisa booking antrian taksi melalui aplikasi ini, jadi sesaat kita mendarat dan sedang menunggu bagasi kita bisa booking antrian taksi. Dan saat kita sampai di antrian taksi, kita tinggal kasih lihat nomor antrian kita ke petugas, jadi cukup menyingkat waktu. Untuk informasi, antrian taksi di bandara Soekarno-Hatta di bagi 2, ada yang khusus antrian taksi Bluebird dan antria taksi non-Bluebird.

Cara antri taksi pun semakin di permudah dengan aplikasi ini. lebih mempesingkat waktu. Bagi yang belum mempunyai aplikasi ini, bisa mengambil nomer antrian di mesin antrian yang tersedir
Ada lagi satu kegunaan aplikasi ini yang paling keren menurut saya, yaitu AirportCare. Simbolnya sih memang bentuk hati dan detak jantung, tapi ini bukan fasilitas kesehatan. Ini bisa di gunakan oleh pengguna bandara untuk melaporkan fasilitas apa saja yang dikira kurang maksimal dan butuh perhatian lebih lanjut.

Kita bisa realtime melaporkan langsung apa fasilitas yang tidak dalam kondisi baik, sehingga bisa langsung di tindak lanjuti.
Jadi kita bisa foto fasilitas yang kita anggap kurang baik atau pelayanan yang kurang maksimal, lalu kasih judul dan keterangan lalu di submit. Ini akan jadi penilaian bagi Angkasa Pura agar lebih bisa memperbaiki diri kedepannya untuk bisa menjadi bandara internasional yang di pertimbangkan di dunia.


Jadi bantu vote bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamo ya..


You Might Also Like

2 komentar

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Prajawangsa City Cijantung, Super Block Di Timur Jakarta