Cara Mudah Membuat Foto lebih Indah Dengan Photoshop

20.48

Helloww my friends, apa kabar..? baik-baik semua kan..?

Kali ini saya mau share bagaimana meningkatkan kulaitas foto untuk di upload di blog kita. Kualitas apa saja yang ditingkatkan..? yang pertama, Brightness atau gelap terang sebuah foto. Lalu kecerahan warna pada foto atau saturasi.

Untuk teman-teman yang belum familiar dengan software adobe photoshop, sebaiknya  membaca artikel saya mengenai istilah dasar tentang adobe photoshop. Agar nanti tidak terlalu bingung jika menemukan istilah yang saya gunakan di artikel ini.

"ISTILAH ADOBE PHOTOSHOP YANG HARUS DI KETAHUI PARA BLOGGER"


Oke kita mulai ya, pilih foto yang ingin di adjust atau di edit. Klik menu File lalu pilih Open, atau bisa langsung drop and drag file dari explorer ke lembar kerja photoshop. Atau bisa juga menggunakan shortcut (ctrl+O).

Saya menggunakan image ini untuk bahan latihan kali ini. Peragaan busana Zelmira Collection SMK NU Banat Kudus

Setelah file terbuka, yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah cek foto kita apakah kualitas ketajamannya sudah baik atau foto kita malah blur. kalau foto kita blur, saya sarankan memilih foto yang lain saja. Cara ceknya gampang, klik menu View lalu pilih Actual Pixels. Seketika foto anda akan menjadi sangat besar, ini lah kondisi foto anda sesungguhnya.

Cek fotonya apakah objek utama di foto terlihat fokus atau justru blur. kalau sudah yakin, klik menu View lalu pilih Fit on Screen untuk memudahkan mengedit.

Cek ketajam gambar sangat penting. jangan sampai objek utamanya terlihat blur atau tidak fokus.

Ini image dalam kondisi real size, kita bisa lihat bahwa gambarnya cukup tajam dan fokus pada objek utama.

Langka pertama kita adjust gelap terang sebuah foto sesuai dengan keinginan kita dengan memilih menu Image lalu Adjusment dan klik Level (ctrl+L). Sebenarnya ada beberapa cara untuk merubah gelap terang pada foto, untuk kali ini saya coba menggunakan Level.

Setelah dialog box Level terbuka, kita akan melhat grafik naik turun warna hitam, untuk saat ini abaikan grafik tersebut. Coba perhatikan tiga buah segitiga yang ada di bawah grafik., kita bisa menggerakkan dengan menggeser segitiga tersebut kekana atau kekiri sesuai keinginan.

Segitiga pertama yang berwarna hitam, mewakili area gelap/shadows sebuah image. Kalau kita geser kekanan maka area image yang terpengaruh adalah daerah yang cenderung berwarna gelap.

Segitiga kedua ada di sebelah kanan yang berwarna putih, kalau kita geser kearah kiri maka yang akan terpengaruh adalah highlights atau daerah terang yang terdapat pada image.

Sedangkan segitiga yang berada di tengah warna abu-abu adalah midtones, kita bisa mengatur kira-kira image atau foto kita mau di bikin nuansa yang cenderung gelap atau terang. Semua tergantung dengan karakter kita.




Untuk image ini saya hanya menggeser sedikit segitiga berwarna hitam ke sebelah kanan, segitiga putih ke sebelah kiri dan menggeser segitiga abu-abu sedikit ke arah kanan.
Setelah puas dengan settingan gelap terang image yang kita edit, saatnya mengkoreksi kecerahan warna pada foto atau image. Karena jujur, foto yang warnanya terlihat cerah cetar membahana di smartphone ataupun di kamera digital itu kadang hanya ilusi karena kecanggihan LED screen. Tidak jarang begitu foto atau image kita lihat di komputer atau PC warnanya cenderung kusam dan kurang cerah.

Untuk itu saya sarankan untuk mengkoreksi warna dengan catatan jangan terlalu berlebihan. Kalau saya, biasa berpatokan warna kulit, kalau tone kulitnya saya anggap sudah cukup berarti sudah oke.




Untuk menambahkan kecerahan warna, di menu Image pilih Adjusment lalu klik HUE/Saturation (ctrl+U). Lalu akan muncul dialog box dengan tiga buah slider, Hue, Saturation dan Lightness. Geser kekanan slider Saturation untuk memperkaya warna, tapi jangan terlalu berlebih karena justru akan merusak gambar.

Kalau Slider Saturation kita geser kekanan, yang terjadi warna pada foto/image akan lebih berwarna dan jika di geser mentok kekiri foto akan menjadi grayscale. Kalau sudah selesai tinggal klik Ok, Taaarrrraaaa.....!! makin kece deh fotonya. Save dan siap di upload di blog teman-teman.

image di kiri efek ketika menggeser slider saturation kearah kiri. Dan kalau kita menggeser slider mentok ke arah kanan, maka efek yang di hasilkan terlihat seperti di gambar kanan.

Tips sederhana My friends, jangan bosen-bosen untuk mengklik tombol preview baik saat mengadjust Level ataupun Saturation. Tujuannya agar bisa kita membandingkan hasil foto sesudah atau sebelum di koreksi. Ini berguna agar hasil editan kita tidak terlalu berlebihan dari foto aslinya.


Yessss, ini adalah hasil akhir foto yang sudah di edit dengan 2 langkah mudah di adobe photoshop

You Might Also Like

31 komentar

  1. Wah iya, beneran jadi cakep yak.
    Coba praktekin deh ah... Makasih mas ilmunya.


    ---
    www.kevinalegion.com
    www.kompasiana.com/kevinalegion

    BalasHapus
  2. penjelasannya enak mudah di mengerti, aq jadi paham cara pake photoshop

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih mbak,...jangan sungkan kalau ada kesulitan ya..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Di doain nanti menang laptop dehh...

      Hapus
    2. Amin Terimakasih doa nya, tapi memang gak bisa pakai laptop. Dirumah nyoba kursor entri baru gak bisa dibuka

      Hapus
  4. Nggak pernah ada kata puas kalau soal ngubek - ngubek Photoshop sih. Aku pribadi juga udah kayak apaan tau dari SMK sampe sekarang masih ngubek - ngubek mulu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. tetap semangat unek-ubeknya ya mbak...

      Hapus
  5. Wah, thank you tutorialnya Mas Satto, mau coba ah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih kembali. kapan-kapan aku pinjem macnya ya..? hihihi

      Hapus
  6. Hehe aku juga biasanya edit kecerahan dan warna juga, kalau lagi senggang baru lainnya juga. Salam bang Satto, ayo diperbanyak bikin artikel tentang memotret dan editing karena banyak manfaatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa, makin kesini makin jarang nulis editing dan motretnya nih. sedih iihh

      Hapus
  7. Makasiih ilmunya udah di sharing mas. Kalo PSD aku bisanya nempel2 aja hahaha..

    BalasHapus
  8. Bakal dipraktekin setelah instal photoshop, setelah punya laptop yang kuat. Untuk saat ini pake Picasa dulu, hahaha :b.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang penting tujuaanya tercapai mbak, mau pakai photoshop atau picassa sama aja kok..

      Hapus
  9. Photoshop, mainan aku sehari2 nih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau gak ketemu photoshop sehari, kaya ada yang kurang ya..?

      Hapus
  10. jadi pengen belajar dan praktek biar jago edit foto

    BalasHapus
  11. Makasih info tipsnya mas, yg di adobe photoshop blm pernah nyoba ngedit.

    BalasHapus
  12. Langkah-langkahnya patut dikerjakan. Biasanya saya hanya mengecilkan size tanpa mengubah foto, kecuali foto gelap.

    BalasHapus
  13. ilmu yg belum bisa aku pahami nih, berarti byk ya artikel mas satto yg bs disontek

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan dicontek mbak, kalo bingung japri aja..

      Hapus
  14. TFS mas... tapi kayanya aku masih memilih snapseed utk edit foto deh. Alasannya simpel, bisa aku lakuin dimanapun tanpa hrs buka pc. Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. whahahaha sama dong. aku kalo di smartphone juga pakai snapseed kok.

      Hapus
  15. Wooh, edit fotonya pake photoshop langsung ya, msh blm terbiasa. Biasanya pake lightroom euy :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. laahhh malah lebih enak pakai lightroom. makin detil warnannya ya kak.

      Hapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Kuliner Terbaik Pucuk Coolinary Festival Malang 2018