Rabu, 27 Juli 2022

Yuk Mengenal Indeks DOW Jones 30, Trader Harus Tahu!

"Gw harus punya passive income nih, baru tenang bisa keluyuran kesana kemari" Ujar seorang kawan ketika kami sedang ngobrol santai. Dia adalah seorang dosen dan kalau niatnya mencari passive income ada benarnya juga, sebagai seorang dosen, kalo gak ngajar ya gak dapat uang. Sama seperti saya, kalo gak kerja gak dapat cuan.

image source: www.freepik.com by pvproductions
Ini yang menguatkan saya untuk cari-cari cara gimana punya passive income, investasi yang bisa kita gunakan untuk kebutuhan hidup, selain dari ceruk penghasilan yang sudah ada. Minimal bisa menghasilkan cuan dari rumah disaat fisik mulai mudah lelah.

Saat ini saya lagi buka usaha Dimsum yang hasilnya belum terlalu membanggakan, cukup untuk melatih jiwa wirausaha.

Punya tabungan emas yang kadang "disekolahin" jika ada kebutuhan mendesak. Kepikiran untuk nabung deposito sampai trading saham. Yang terakhir ini cukup menarik perhatian saya, walau belum sempat mencoba.
 
Trading saham itu bukan seperti jualan dimsum yang harganya flat, tapi harus pintar-pintar kapan beli, kapan harus jual. Mungkin lebih tepatnya seperti penjual mobil antik, si penjual harus paham kapan dia melepas mobil antiknya, gak asal main jual.

Kalo di Indonesia, patokan saham kita adalah Indeks Harga Saham Gabunga yang datanya ada di Bursa Efek Indonesia. Lalu bagaimana untuk dunia?

Gak usah pusing mikirin saham dunia, mending bahas salah satu indek saham tertua yang ada di Amerika, dan sejak tahun 1896 sampai sekarang masih menjadi indikator penting dibidang keuangan Amerika maupun dunia, yaitu Dow Jones atau US30.

US30 adalah indeks pasar saham yang banyak diperhitungkan. Dow Jones didirikan oleh seorang editor The Wall Street Journal. Indikator ini juga didirikan oleh pendiri Dow Jones & Company Charles Dow. Indeks yang satu ini bisa digunakan sebagai pengukur performa komponen industri di pasar saham Amerika.

US30 bisa melacak kinerja 30 perusahaan paling besar yang diperdagangkan di Bursa Efek New York. Hal itu karena sifat komposisi US30 bisa dijadikan sebagai tolak ukur ekonomi AS secara keseluruhan. US30 juga menjadi indeks yang paling diawasi oleh dunia.

Nah, supaya Anda mengenal US30 lebih detail Indeks yang didalam ada perusahaan Visa, Walmart, NIKE, Microsoft, McDonald's, The Coca-Cola Company, hingga Goldman Sachs, yuk simak beberapa informasi menarik di bawah ini!

Yang Harus Menyertakan Indeks DOW Jones 30

Siapa yang harus menyertakan atau memantau Indeks DOW Jones 30? Yang harus menyertakan US30 adalah investor jangka panjang. US30 telah memberikan keuntungan keseluruhan dari waktu ke waktu. Investor percaya jika tren positif akan terus berlanjut dan menciptakan pertumbuhan di pasar AS yang diharapkan berlangsung dalam jangka panjang. Tidak hanya itu saja investor dengan risiko rendah juga bisa menggunakan indikator yang satu ini.

Investor percaya jika US30 telah ada selama lebih dari 120 tahun dan menjadi pilihan terbaik. Hal itu karena volatilitas yang lebih rendah dan keuntungan yang didapatkan merupakan jangka panjang. Volatilitas kurang lebih adalah mood market, kalau volatilitasnya tinggi, maka resiko saham naik atau turun sangat besar.

Yang terakhir hedging untuk pedagang yang volatilitas tinggi. Pedagang yang terlibat langsung dalam pasar bergejolak seperti mata uang asing dan kripto bisa melakukan perlindungan nilai portofolio mereka dalam investasi US30. Penyertaannya bisa digunakan sebagai penambah stabilitas dan mengurangi volatilitas secara keseluruhan.
Hegding adalah perlindungan nilai untuk memitigasi resiko, ada banyak strategi hegding, salah satu menyimpan investasi dibeberapa tempat, jangan hanya disatu tempat saja.

Yang Mendorong Harga US30

Semua pasar di dunia pasti akan ada masa bergejolak naik dan turun. Waktunya tidak bisa ditentukan berapa lama akan membaik atau malah akan memburuk. Lalu apa saja yang bisa mendorong harga US30? Ada beberapa faktor yang bisa mendorong harga US30 seperti berikut ini:

Tren di pasar AS

Grafik US30 mencerminkan stabilitas umum dan tren terkini dalam ekonomi Amerika. Oleh sebab itu, rilis data keuangan seperti laporan Non Farm Payroll yang biasanya berdampak pada indeks.

Tren Ekonomi Global

Pasar global saing mempengaruhi satu sama lain bahkan bergerak secara bersamaan. Perubahan di pasar utama seperti Asia atau Eropa bisa berlanjut ke AS dan berdampak pada US30. Kejaiaban pasar global, satu terdampak, maka yang lain akan terdampak, tinggal menghitung berapa lama waktu untuk kembali naik.

Pergerakan Harga yang Besar dalam Komponen Indeks

Fakta US30 adalah terdiri dari 30 perusahaan. Fluktuasi besar dari satu atau dua saham yang bisa berpengaruh terhadap indeks secara keseluruhan.


Dollar AS

Saat memeriksa grafik US30 dengan greenback terlihat adanya korelatif antara keduanya. Saat US30 naik, USD akan turun begitu pula sebaliknya.

US30 adalah salah satu indeks yang penting untuk Anda perhatikan saat trading maupun investasi, agar Anda bisa trading dengan aman dan nyaman.

Tidak perlu khawatir memantau pergerakan market sehariaan,  maka percayakan trading Anda di aplikasi trading DCFX, perusahaan pialang trading yang satu ini begitu terpercaya dengan keamanan terjamin, DCFX diawasi langsung oleh Bappebti. 

Selain itu DCFX menawarkan berbagai macam program menarik yang sayang untuk Anda lewatkan, yuk rasakan pengalaman trading terbaik bersama DCFX sekarang juga!

Bulat sudah ingin rasanya nyebur kaki ke saham, di BEI cari-cari informasi, main recehan dulu. Kalau Dow Jones lain waktu, jika kekuatan bulan sudah cukup melindungi saya.



Tidak ada komentar

Posting Komentar

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.