Mokzhaware, Sepatu Gunung Buatan Indonesia

Oktober 24, 2019

Buat para penggiat alam bebas, yang suka naik gunung atau hiking, pernah lihat brand sepatu Mokhzaware? atau mungkin pernah denger nama brand ini? Jujur saya baru ngelihat langsung Mokhzaware saat event pameran Indotreek 2019 di Balai Kartini Jakarta.

Mokhzaware-sepatu-gunung-buatan-lokal

Kebetulan Mokhzaware jadi salah satu peserta pameran yang memang di khususkan untuk para pecinta kegiatan alam luar. Jadi nggak heran di event ini kita bisa nemuin berbagai brand ternama di dunia outdoor dan juga brand rintisan yang tidak kalah berpotensi.

Dari berbagai brand yang hadir di event tersebut, saya langsung di “jorokin” ke boothnya Mokhzaware untuk ngobrol langsung sama bang Rahmat. Dan ternyata nggak salah, saya dapat cerita menarik di booth Mokhzaware.

Jadi Mokhzaware adalah satu-satunya produsen sepatu untuk keperluan outdoor di Indonesia yang punya pabrik sepatu sendiri. Bisa bayangin gak? Satu-satunya produsen sepatu outdoor yang punya pabrik sendiri. Dan ini keren sihh,..

Tentu sudah bukan rahasia lagi, kalau beberapa brand sepatu internasional (yang gak perlu di sebut merknya) punya pabrik di Indonesia dan menghasilkan sepatu terbaik untuk dunia. Dan Mokhzaware membuktikan bahwa produsen lokal juga bisa membuat produk yang berkualitas.

“Semua bahan bakunya ada di Indonesia, jadi gak ada alasan kita gak bisa bikin” Ujar bang Rahmat.

Pasti pada heran apa yang membuat sepatu buatan Mokhzaware ini berkualitas, bukan berarti punya pabrik sendiri otomatis kualitasnya bagus kan? Sabar Bross, pelan-pelan bakal saya buka satu persatu kelebihan sepatu buatan 100 persen lokal ini.

Mokhzaware-sepatu-gunung-buatan-lokal
Ini adalah type sepatu Mokhzaware yang berbahan kulit, tapi saya lupa, kulit Sapi atau Kuda.
Mokhzaware pertama kali dirintis pada tahun 2015, tidak langsung produksi, tapi mereka melakukan riset terlebih dahulu, kegagalan demi kegagalan harus mereka hadapi agar mendapatkan formula terbaik untuk memproduksi sepatu gunung.

Dan akhirnya di tahun 2016, Mokhzaware pertama kali melepas sepatu gunung buatan mereka kepasaran dengan sistem titip jual di beberapa toko penjual keperluan outdoor. Dari tahun ketahun, dengan kualitas yang diberikan dan harga yang masuk akal berhasil menarik perhatian para toko-toko outdoor.

Tidak hanya toko-toko outdoor, kehadiran Mokhzaware juga mencuri perhatian brand-brand besar yang sudah hadir terlebih dahulu di Indonesia. Mereka sangat mengapresiasi produk Mokhzaware yang mempunya kualitas baik tapi dengan harga yang lebih terjangkau, karena murah atau mahal realtif.

Rahasianya adalah, karena Mokhzaware memproduksi sendiri sepatu mereka dari hulu ke hilir. Setidaknya itu informasi yang saya dapat ketika berbincang-bincang dengan bang Rahmat di hari terakhir penyelenggaraan Indotreek 2019.

Tiga tahun produksi berjalan, sudah ada 20 type sepatu yang di produksi Mokhzaware, ini bukan jumlah yang sedikit Bross.

Sekarang saya kasih tahu 4 hal yang membuat sepatu Mokhzaware menjadi sangat spesial, pertama; Out sole atau dalam bahasa sederhananya sering di sebut tapak sepatu Mokhzaware yang terbuat dari karet.

Kenapa ini penting, karena ini membuat sepatu nyaman dan tidak licin saat digunakan. Dengan outsole bahan karet, juga membuat sepatu lebih lentur ketimbang sepatu yang outsolenya berbahan campuran dominan plastik.

Mokhzaware-sepatu-gunung-buatan-lokal
Disini kanan, ada brake system, atau lokasinya ada dibagian tumit kita.
Kedua, di tapak sepatu Mokhzaware ada Brake system atau sistem pengereman. Jadi pattern atau pola di sol sepatu bagian belakang meningkatkan kemampuan kita agar tidak mudah tergelincir di medan yang tidak terduga.

Ketiga, sistem waterproof yang mempunyai tiga lapisan, yaitu lapisan membran, lapisan foam dan lapisan mesh. Ketiga lapisan ini mampu menahan air dan menjaga agar kaki kita tetap kering selama di perjalanan.

Sistem waterproofnya di balut dengan kulit asli dari kulit sapi dan kulit kuda di bagian luarnya. Kalau kalian pegang langsung, pasti bisa ngerasain bahwa ini dalah kulit asli dengan kualitas terbaik.

Coba bayangin, ketiga system itu ada di sepatu buatan Mokhzaware, sepatu buatan pabrik lokal, sepatu buatan asli anak Indonesia yang pasti bikin bangga.

Dan jujur, saya baru kali ini ngelihat sepatu gunung dengan warna merah dan orange menyala, dengan bentuknya yang lebih terlihat seperti sepatu basket ketimbang sepatu gunung, saya pun langsung jatuh cinta.
Mokhzaware-sepatu-gunung-buatan-lokal
Bagian dalam yang berwarna silver adalah teknologi waterproof yang di milik Mokhzaware
Beberapa design sepatu Mokhzaware pun bisa digunakan untuk keseharian atau acara formal. Jadi bukan sepatu yang khusus di ajak naik gunung saja. Saya sih udah ngincer yang warna merah atau sepatu berbahan kulit sapi yang tone warnanya agak kekuning, eye catching dan gak kelihatan sepatu gunung.

Ehhh tadi saya baru sebutin 3 dari 4 keunggulan Mokhzaware ya?

Keunggulan ke 4 adalah, harganya sangat kompetitif kalau di bandingkan dengan produk sepatu lainnya dengan teknologi yang hampir sama.

Harga sepatu Mokhzaware termahal yang ada di pasaran saat ini adalah 600k, Yuupps saya gak bohong, kalau di brand lain harganya bisa di atas 1jt, paling murah 800k, setidaknya itu yang di ceritakan seorang kawan yang juga penggiat alam bebas.

Dan tentunya kalian sekarang sudah gak heran kenapa Mokhzaware harganya bisa sangat bersaing,tapi kualitasnya bukan main-main kan? Kalau masih bertanya-tanya, silahkan baca lagi dari atas, kalian pasti bakal menemukan jawabannya.

Terakhir dan ini sangat rahasia jangan kasih tahu siapa-siapa, Mokhzaware kasih kamu garansi 1 tahun, kalau rusak balikin aja ke tempat kamu membeli, nanti akan diperbaiki. Tentunya rusak karena pemakaian ya, bukan karena kelindes truck, kenapa bara rokok atau di gigit tikus.

Mokhzaware-sepatu-gunung-buatan-lokal
Duuhh warna orangenya bikin ngiler nih...
Mokhzaware sepatu gunung buatan lokal Mokhzaware sepatu gunung buatan lokal Mokhzaware sepatu gunung buatan lokal

You Might Also Like

0 comments

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.