Tips Bawa Laptop Saat Bepergian Lewat Bandara

21.22

Jujur nih, Alhamdulillah tahun 2019 beberapa kali ke berbagai daerah di Indonesia melalui bandara terminal 3 Soekarno-Hatta Tangerang.
Tujuannya bukan hanya ngeluyur happy-happy, tapi beberapa kali diundang untuk hadir ke sebuah acara (sebagai peserta atau narasumber) dan semua akomodasi di tanggung. Nah, karena itu saya ingin berbagi sedikit tips bepergian lewat bandara, sekalian curhat terlebih saat membawa laptop. Semoga berguna.


Sejauh pengalaman saya, terminal 3 sudah sangat nyaman. Bandara ini adalah senjata baru PT.Angkasa Pura II untuk melayani penumpang Garuda Indonesia dan penerbangan internasional.

Yang menyebalkan saat bepergian menggunakan pesawat adalah, saat melewati metal detector. Harap (khusunya lelaki) jangan menggunakan gesper/ikat pinggang karena akan diminta untuk di buka.

Beberapa kali saya lupa dan efeknya harus mundur dan mengulang. Rasanya itu bikin malu sama yang mengantri di belakang kita. Alhasil, agar tidak merepotkan saya tidak pernah memakai ikat pinggang saat akan naik pesawat.

Masalahnyanya belum selesai sampai di ikat pinggang. Sekarang Laptop pun harus dikeluarkan dari tasnya, Arrrrggghhhhh, ini yang bikin kesel.

Sumpah bikin kesel dan penasaran kenapa harus laptopnya dikeluarkan dari tas. Terlebih untuk terminal 3 Soekarno-Hatta dengan teknologi terbaru yang mereka miliki, masa nggak bisa mendeteksi benda berbahaya di dalam tas dan laptop penumpang?

Dan ini pun tidak konsisten, beberapa kali saya "pura-pura" lupa dan membiarkan laptop berada di dalam tas ransel, aman-aman saja dan dibiarkan lewat di terminal 3.

Tapi memang lebih sering, saat petugas bandara melihat ransel saya yang pasti terlihat sangat heboh, pasti langsung ditanya,

"Ada Laptop di tas? mohon dikeluarkan ya".

Kalau sudah ditanya begini, mau gak mau ya saya keluarkan laptopnya dari tas, karena sudah diingatkan petugas.

Jujur saya tuh masih bingung, karena memang tidak konsisten dan tiap bandara punya kebijakan masing-masing. Bahkan pada umumnya kalau di bandara daerah, lebih fleksible tidak perlu mengeluarkan laptop dari tas.

Masa sih bandara di daerah teknologinya lebih canggih dari Terminal 3 Soekarno-Hatta.

Pernah satu kali saya bepergian bersama seorang kawan menggunakan pesawat terbang, melalui bandara di Lampung.

Saya membawa laptop yang di taruh di ransel, sementara teman saya menaruh laptopnya di koper yang bisa di bawa ke kabin.

Sialnya, saya langsung di tanya dengan ramah oleh petugas apakah saya membawa laptop dan jika bawa harap dikeluarkan dari tas. Dan saya pun tidak bisa mengelak.

Beruntungnya, teman saya melenggang santai dengan koper yang didalamnya terdapat laptop melewati mesin skrining bandara. Baahhh apa pula ini maksudnya?

Seriusan, mengeluarkan laptop dari tas yang sudah tersusun rapi di bandara itu bikin stres dan senewen.

Tapi kita bisa berharap kedepannya tidak repot bongkar tas di bandara, terlebih di bulan Maret 2019, Administrasi Keamanan Transportasi (TSA)Virginia, Amerika mengumumkan teknologi skrining baru yang memungkinkan penumpang untuk menyimpan laptop mereka di tas saat melewati skrining.

Seperti yang dilaporkan Bloomberg, teknologi ini bisa menciptakan gambar 3-D dari isi tas, sehingga secara otomatis mendeteksi barang-barang yang terdapat didalamnya.

Semoga bandara kita bisa mengadopsi teknologi terbaru ini, untuk mempermudah penumpang dan mempersingkat waktu check-in.

Kebayang gak sih, kalau waktu udah mepet terus di suruh bongkar tas, cuma gara-gara laptop yang tidak berbahaya.

Arrgggghhhh.....!!

Jadi Tips sederhana yang mungkin tidak berguna saat kita mau bepergian lewat bandara adalah :

  • Jangan pakai ikat pinggang/gesper, tapi tetap pakai celana.
  • Laptop di masukkan di tas terpisah, jangan di gabungkan dengan ransel.
  • Boleh di coba trick teman saya, menaruh laptop di koper yang di bawa ke bagasi. Semoga beruntung.
  • Kalau nggak mau repot jangan bawa laptop, kecuali memang di butuhkan. ( Yaaaaa eyaaalaahhh..)
  • Atau kalau nggak mau ribet di periksa, berangkatnya naik kereta atau bis saja... ( Haddduueeehh)

tips bawa laptop saat bepergian lewat bandara 

tips bawa laptop saat bepergian lewat bandara 

tips bawa laptop saat bepergian lewat bandara tips bawa laptop saat bepergian lewat bandara tips bawa laptop saat  bepergian lewat bandara tips bawa laptop saat bepergian lewat bandara tips bawa laptop saat bepergian lewat bandara

You Might Also Like

0 comments

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Ulas Review Kamera Oppo F11 pro di Perjalanan Jakarta Bandung