Malam Tahun Baru Budget Seratus Ribu

10.21

Malam tahun baru Budget seratus ribu dan bisa menghabiskan malam di Jakarta? Pasti gak percaya, saya juga awalnya gak percaya kalau gak mengalami sendiri.

Dan ini budget untuk 2 orang loh ya, yess saya pergi dengan soulmate tercinta sayah. Pasti makin gak percaya deh.

Budget seratus ribu itu sudah termasuk, nasi gule 2 porsi, es podeng dan teh tawar 2 gelas (makan malam). Kopi robusta 2 gelas, ice coffe blended 1 gelas dan 1 botol air mineral (ngopi-ngopi keceh) dan bensin plus parkir.

Selain itu kita juga menikmati free kudapan berupa, kacang kulit, kue lapis dan brownies, siomay, bakso malang dan sate ayam plus lontong. Gimana, seru kan..? 

Okeei kita mulai cerita perjalanan saya, bagaimana menghabis malam tahun baru dengan budget seratus ribu.

Tidak peduli apakah kita merayakan tahun baru atau tidak, yang penting harus tetap saling menghargai satu sama lain

Sebenarnya kami tidak ada rencana kemana-mana di malam tahun baru 2018, pertama jalanan pasti macet, kedua tabungan kami sudah mulai menipis. Rencananya kita mau hemat-hemit biar bisa sedikit bernapas diawal tahun 2018.

Tapi apa daya, otak iseng kami mulai kumat dan raga ini enggan untuk berdiam diri. setelah memutar otak mencari tujuan. Berdasarkan rekomendasi seorang kawan, akhirnya kami putuskan untuk pergi ke kawasan Blok M Jakarta Selatan.

Kami sengaja menjauh dari kawasan, Sudirman, Thamrin, Bunderan HI dan Monas karena di malam tahun baru lokasi ini bak kumpulan cendol dawet di gelas kaca.

Lokasi yang kami kunjungi adalah sebuah warung kopi bernama, JOIN KOPI di kawasan GOR Bulungan Blok M Jakarta Selatan. Tepatnya, di samping Hall basket Bulungan. Masuk dari pintu gerbang, langsung ke arah kiri akan langsung terlihat warung kopi ini.

Secangkir Kopi JOIN ditangan, dan panggung sederhana dihadapan saya, sambil ditemani wanita tercantik, sudah cukup untuk menghabiskan malam

Kami tiba di sana jam 15.30, yang membuat saya senang adalah, saat melihat ada masjid cukup besar di sekitar lokasi. Saya jadi tidak khawatir untuk mencari tempat beribadah.
Sepertinya malam tahun 2018 akan menjadi perpaduan sempurna, bisa menikmati hidup tanpa melupakan sang pencipta.

Selepas Maghrib, kami memutuskan untuk mengisi perut terlebih dahulu. Alternatif menu makanan dikawasan Bulungan sangat bervariatif, tinggal mengikuti selera.

Karena konsep kami berhemat-hemit diputuskan untuk memakan "gultik" dengan harga satu porsi 10k. Minum 2 gelas teh tawar dan ditutup dengan dessert satu gelas kecil es podeng.

Total yang kami keluarkan untuk makan malam terakhir kami di tahun 2017 adalah 34k.

Masjid Gelanggang Remaja Jakarta Selatan, cukup besar, terawat dan bersih

Pernah denger istilah gultik? gultik itu akronim dari gulai tikus, upppss bukan deengg. Gultik itu gulai tikungan, karena memang lokasi berjualannya disekitaran perempatan mahakam, para pedagangnya banyak yang berkumpul di pojokan tikungan.

Gultik Blok M ini sudah hadir sejak tahun 1980, dan selalu mejadi destinasi kuliner khas dikawasan ini. Konsumennya mulai dari kalangan pejalan kaki sampai bermobil, tua dan muda semua bisa menikmati kuliner pinggir jalan ini.

Setelah mengisi perut dan membiarkan usus besar ini mencerna dengang baik makanan yang baru saja masuk. Kemudian dilanjutkan shalat Isya, kami langsung mencari tempat duduk di area sekitar JOIN KOPI.
Saya sarankan untuk datang lebih awal untuk memudahkan mencari posisi tempat duduk yang nyaman.

Sekalipun kursi dan meja sudah penuh terisi, jangan khawatir kita masih bisa kongkow disekitaran Gor Bulungan setelah memesan kopi.

Daftar menu yang ada di JOIN KOPI

Musik Akustik

Jam menunjukkan pukul 19.30, alunan gitar akustik mulai terdengar dipanggung kecil itu. Suara sang vokalis seakan menemani para pengunjung JOIN KOPI yang makin malam semakin ramai memenuhi area GOR Bulungan.

Fuad membuka malam itu dengan alunan lagu top 40'

Saya memesan Kopi JOIN seharga 8k. Jangan tertipu dengan harganya, walau terbilang murah tapi rasa kopinya pas dilidah. Tidak terlalu manis atau pahit, cocok bagi para penikmat kopi pemula.

Tapi bagi para veteran pecinta kopi, baiknya minta dibuatkan tanpa gula saat memesan Kopi JOIN.

Lalu saya juga memesan Ice Coffe Blend Paradise seharga 23k. Bagi yang mau menikmati sensasi segarnya kopi dipadu manisnya karamel harus coba yang satu ini. Semua diracik dengan rasa yang tidak terlalu berlebih tapi sangat menyegarkan.

Tidak berapa lama, crew JOIN KOPI menghampiri meja kami sambil menawarkan kacang kulit gratis. Selain itu, dia juga memberitahukan bahwa dibelakang ada, kue lapis, Siomay, Batagor dan Sate Ayam yang bisa dinikmati secara gratis.

Waahh sepertinya menghabiskan malam tahun baru budget seratus ribu sepertinya akan tercapai.

"Beneran gratis..?" Tanya saya.

"Iya Gratis" Ujarnya.

Jangan heran jika di akhir pekan akan ada antrian cukup panjang didepan kasir JOIN KOPI

Awalnya tidak percaya, sampai akhirnya kami buktikan sendiri dengan mengambil kue dan satu porsi sate ayam. Dan ternyata beneran gratis BroSS, aahhh rejeki menjelang akhir tahun yang tidak terduga.

Panganan gratis ini hanya ada di malam tahun baru, sebuah imbal balik dari manajemen JOIN KOPI untuk para konsumen loyalis yang sudah mendukung mereka sepanjang tahun 2017.

Meriahnya Tahun Baru 2018


Para pementas bergantian menaiki panggung, setelah pembacaan puisi, musisi reggae TonyQ Rastafara mulai unjuk suara. Suasana semakin hangat, ini tandanya kami harus menambah satu gelas kopi JOIN kembali dan satu botol air mineral untuk melepas dahaga.

Membaca puisi dengan tema yang satir, semakin membuat malam itu semakin berwarna

Semakin malam semakin banyak orang yang berkumpul didepan panggung, memaksa saya harus berdiri dari kursi untuk bisa melihat langsung kearah panggung dan menikmati alunan musik khas Jamaika.

Jelang pergantian tahun, MC mengajak kita untuk berdoa agar tahun depan kita tidak hanya Move On, tapi juga Move Forward. Selain itu kita juga diajak berdoa untuk keselamatan para saudara-saudara kita di Palestina.

Hhhhmmmm unik juga, saat kita bersuka cita, si MC yang belakangan saya kenal sebagai bang Erwin "Allright" tidak lupa mendoakan saudara-saudara kita di Palestina.

TonyQ Rastafara bersama teman, menghibur kami sampai malam berganti tahun

Tidak lama berselang, suara jeritan petasan dan warna-warni kembang api menghiasi langit jakarta. Kemeriahan tahun baru mencapai puncaknya, semua bersukacita dalam bahagia tanpa memandang latar belakang agama dan politik.

Gor Bulungan dini hari itu terasa hangat setelah hujan dari siang sampai sore hari, di panggung alunan reggae pun masih terdengar. Suara kembang api dan petasan mulai menyepi dan saya putuskan untuk undur diri.

Dengan membayar parkir 10k (dari jam 3 sore sampai jam 1 pagi) sebenarnya petugas parkir sempat ingin memberikan uang kembalian, tapi saya suruh simpan saja.

Total yang saya habiskan malam itu tidak lebih dari 100k dengan rincian :
  • Bensin 10k
  • Makan gultik+dessert 34k
  • JOIN KOPI 44k
  • Parkir 10k
Total keseluruhan 98k

Sekarang percayakan, kalau saya cuma menghabiskan gak sampai 100k saat menikmati malam tahun baru di Jakarta. Semua tergantung bagaimana kita bisa mensiasati, dan banyak-banyak bersilaturahmi agar bisa dapat informasi dimana kita bisa menikmati malam tahun baru dengan budget hemat-hemit.

Dan malam itu kami pulang dengan senyum sumringah. Diatas laju roda dua, kami belah aspal yang masih basah, dibalut udara dingin malam kota Jakarta sambil dipeluk hangat dari belakang oleh pasangan (resmi) tercinta. Aahhaaii mesra nian..
Yang jomblo jangan baper, jadikan ini semangat. Ciiaaooo...!!

Terima kasih Tuhan atas semua kebaikanMu di tahun 2017.

Selamat Tahun Baru 2018



You Might Also Like

33 komentar

  1. Salahbsatu life hack hidup hemat : banyakin silaturahmi. Bener banget!

    Dari postingan ini, saya jadi tahu bahwa jakarta nggak "sejahat" yang saya kira wkwkw

    Maksdnya jika tujuannya gaya hidup, ya yo wis lah jakarta juara. Tapi kalau pintar2 menyiasatinya, hidup hemat dijakarta nggak impossible, buktinya 100K di malam tahun baru bisa dinikmatin berdua, mantap!

    BalasHapus
  2. Ada saatnya Jakarta itu jahat mas bro, tapi kadang Jakarta itu lembut selembut gulali.

    BalasHapus
  3. Baper mas wkwkwkwkwk....

    Btw soal gultik bingung mana yang enak atau semua sama ? beberapa kali ke sana coba nya hanya di dua pedagang aja sih wkwkwkwk.

    JOIN Kopi boleh lah jadi salah satu tujuan klo ke bulungan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dilarang Baper mbak...hahaha

      Btw, Kalau rasa Gultik, kayanya sama aja sih mbak.
      Tapi sekarang ada yg mangkal di depannya pintu masuk gantari.
      Jadi bisa ada pilihan antara mau gultik atau ayam bakar.

      Hapus
  4. ahhh udah lama gak main-main ke blok M, kangen deh ama gultiknya..
    Join kopi boleh nih buat referensi tempat ngopi-ngopi bareng teman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang lebib tertata rapi.
      Btw Join Kopi buka dari jam 10 pagi sampai jam 2 pagi..

      Hapus
  5. Ini pas kemarin habis ketemuan ama aku ya #eaaah. Hemat seratus ribu hihi

    BalasHapus
  6. Wah murah meriah ya. Aku dulu juga pernah nyobaik gultik, kupikir apa ternyata gulai ya hehehe

    BalasHapus
  7. Waaw murmer juga, benefit didapat banyak dan ngenyangin

    BalasHapus
  8. Wih 98ribu udah bisa nongkrong asik ya di malam tahun baru.

    BalasHapus
  9. Selamat tahun baru 2018! Semoga tahun ini bisa lebih baik lagi yaa dari sebelum-sebelumnya. Btw, keren nih triknya, bisa dicoba:D

    BalasHapus
  10. aku suka foto pas di asjid itu
    subhanallah
    sejatinya klo pinter2 cari suasana gak perlu mahal bisa dinikmati ya mas

    BalasHapus
  11. Waah mamamia lezatos... jadi inget pas beberapa waktu lalu nguli di Blok M. Males balik ke kost cepet-cepet, nongkrong dulu di tempat ini. Apalagi itu gultik, hadeeehh... endolita bambang (enak banget) ngopi ucapannya salah MC temen. Hahaha... ajak doonk oom ke gultik. Hahaha

    BalasHapus
  12. aishhh kerennn, paling demen nih gw sama yg hemat2 tapi seru gini mas..

    BalasHapus
  13. tahun baruan yang berfaedah.... baiklah... aku akan mencoba di tahun baru 2019 nanti semoga sudah ada kekasih hati

    BalasHapus
  14. Asyik banget malam tahun baru berduaan sambil berhemat ria Mas. Moga tahun 2018 gak cuma berdua ya, bertiga gitu aamiin :)

    BalasHapus
  15. Murah meriah dan merakyat yang penting happy yah om? Hehe

    BalasHapus
  16. Qiqiqiqiq, kebayang deh mas Satto dan mba Wawa nih hepiii , jagoan financial planning!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  17. Itu dari sore sampe pergantian taun baru mas, disana.. mantab.. sambil bawa laptop ga hehe.. biar bisa gmana gitu kerja kalau waktunya panjang

    BalasHapus
  18. Dgn menu beraneka rupa gitu, hanya dgn budget 100k lumayan bgt tuh. Terlebih ada live musik segala

    BalasHapus
  19. makan gultik cukup cuma satu porsi, nih? xixixi... Budget 100 ribu tercapai karena ada Join Kopi nih. Tiap tahun ada nggak? Tahun baru depan mau kesana ah... Semoga menjadi awal berkah ya tahun baru ini.

    BalasHapus
  20. Nyeruput kopi sambil dengar akustik... Ajib brother

    BalasHapus
  21. Happy New Year Kak Satto! :)

    Cheers,
    Dee - heydeerahma.com

    BalasHapus
  22. Aduh, aku seneng baca tulisan ini.
    Happy New Yearr kakak...

    BalasHapus
  23. asyiknya. cara hemat tahun baruan. Ga perlu meronggoh kocek terlalu dalam cukup 100rb

    BalasHapus
  24. Aaah pernah nih mampir ke JOIN seru banget tempatnya. Tapi itu udah lama banget zaman aku masih suka main ke Wapres Sastra Bulungan buat baca puisi tiap rabu. Hihihi

    BalasHapus
  25. Tempatnya asik yaaa buat nongkrong plus icip-icip ramah di kantong haha.

    BalasHapus
  26. Kok aku mendadak lupa ya malam tahun baru kemana...

    BalasHapus
  27. Ciyeeeeh anak bulungan ciyeeeehh. Bulungan ggak ada matinya emang. Tempat nongkrong sepanjanh zaman.

    BalasHapus
  28. seru juga tuh malem tahun baruannya hemat tapi tetap hepi

    BalasHapus
  29. Kopinya makntep nih, cocok buat tahun baruan.lagunya maknyus ya mas... hehe

    BalasHapus
  30. Selamat tahun baru mas satto, meskipun agak telat. Seru banget bcaa cerita ttg malam tahun baru nya, kirain becanda malam tahun baru budget dibawah 100K , ternyata rezeki ya ada beberpa makanan gratis yg bisa dinikmati bersama si cinta..hhii

    BalasHapus
  31. keren nih merayakan tahun baru dengan budget minim tapi berkesan dan kenyang :)

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Dampingi Dan Beri Semangat Untuk Para Penyintas Diabetes Anak