Wuling Motor Investasi 9 Triliun untuk Mobil Keluarga

22.12

Untuk memulai sebuah bisnis kita harus mempersiapkan sesuatunya dengan baik dan terencana. Dan tiga hal yang menurut saya bisa menjadi pondasi yang kuat untuk sebuah bisnis yang akan dirintis adalah konsep, pengalaman dan tentunya sokongan modal.

Ini yang saya cermati ketika Wuling Motor (PT.SGMW) mulai masuki ke ranah persaingan otomotif Indonesia. Konsep membangun terlebih dahulu pabrik dan infrastruktur penunjang seperti dealer sebelum me-launching produk, pengalaman menjual 2 juta produk dalam 1 tahun di negara asalnya dan modal 9 triliun lebih untuk membangun semuanya merupakan bukti Wuling Motors tidak main-main di Indonesia.



Mungkin akan sangat berat melawan pemain lama dari negara sakura yang sudah lama hadir mendominasi dan memenuhi otak konsumen Indonesia. Kita tidak usah berpikir produsen dari Eropa yang mempunyai segmen tersendiri, untuk Low MPV seperti yang di tawarkan Wuling Motor saja, persaingan antara pabrikan jepang sendiri sudah sangat keras.

Keras tapi bukan berarti tidak mungkin.

Wuling masuk pasar otomotif Indonesia dengan penuh perencanaan matang, setidaknya sejak tahun 2015 mereka sudah mempersiapkan semuanya. Membangun 60 hektare pabrik di Cikarang, mempersiapkan lebih dari 50 dealer diseluruh kota besar di Indonesia dengan konsep Sales, Service and Spare Parts dalam satu lokasi.
Dan ketika semua itu sudah siap barulah mereka me-launching produk mereka secara terbuka dipertengahan 2017.

Yang menarik dari PT.SGMW Motor Indonesia (Wuling Motor), produk yang mereka tawarkan sudah menggunakan lebih dari 50% kandungan lokal.
Ini tidak mengherankan karena 30 hektar area pabrik memang di peruntukkan untuk suplier pemasok komponen (suplier park). Dan sampai saat ini, Setidaknya sudah ada lebih dari 20 suplier lokal yang bergabung di Cikarang.

Ini salah satu faktor yang bisa menekan harga jual Wuling dipasar Indonesia. Suplier yang berada dalam satu kawasan pabrik dapat memangkas cost pengiriman dan efisiensi waktu dalam hal produksi. Jadi jangan heran kalau harga produk Wuling bisa bersaing.

Produsen otomotif gabungan Cina-Amerika ini juga mengadopsi teknologi dari General Motors untuk pabrik di Indonesia, yaitu Global Manufacturing System yang sudah digunakan diseluruh pabrik GM. Tentu kita sudah tidak asing dengan GM (General Motor) kan?.

Pabrik di Cikarang ini pun sudah dilengkapi dengan perlengkapan standar global berupa teknologi Press shop, body shop, paint shop dan General Asembly. Memang untuk saat ini mesin masih didatangkan langsung dari China. Tapi tidak menutup kemungkinan, jika pasar Indonesia menyambut positif kehadiran Wuling, pabrik di Cikarang bisa memproduksi mesinnya juga.

Baca juga : MPV Jadi Raja di Indonesia

Leganya Confero S

Setelah menunggu selama 2 tahun akhirnya 2 Agustus 2017, Wuling memperkenalkan Confero kehadapan publik. Acara launching yang diadakan di Senayan City begitu menarik perhatian pengunjung, terlebih saat mereka mengetahui harga dan spesifikasi Wuling Confero.

Animo ini terus berlanjut di event GIIAS 2017, pengamatan saya yang hadir pada tanggal 17 Agustus 2017, sesi test drive Wuling dengan Confero-S tidak pernah sepi. 3 mobil yang sudah disiapkan masih membuat antrian panjang pengunjung yang ingin test drive.

Suasana both Wuling di GIIAS 2017 tidak pernah sepi oleh pengunjung yang ingin tahu produk terbaru dari Wuling Motor

Saya pun berkesempatan test drive salah satu unit mobil seharga Rp 162.900.000 (OTR) yang disediakan oleh Wuling yaitu Confero-S 1.5L. Pengalaman pertama begitu masuk kabin, mobil ini benar-benar terasa lebih lega sesuai dengan tagline yang di gadang-gadang  pabrikan otomotif dari China ini, “The Real Spacious Family MPV”.

Satu hal yang sampai saat ini saya ingat, pedal transmisi/kopling sangat ringan. Padahal seingat saya, koplingnya masih menganut sistem kabel. Ini bisa meringankan beban kaki kiri kita saat berada di jalan ibukota yang saat ini terkenal dengan macet kelas dunianya.

Semua unit Confero dari Wuling memang belum ada yang dilengkapi dengan transmisi automatic. Tapi mengingat kebutuhan pasar Indonesia, saat ini transmisi automatic sudah mulai di kembangkan di China.

Duduk di kursi pengemudi, cukup nyaman dan pandangan luas. Untuk pengemudi dengan tinggi badan 160cm macam saya ini, posisi duduknya cukup tinggi tapi tidak menyulitkan saat harus menginjak pedal gas, rem dan kopling. Saya pun dapat melihat area depan dengan cukup baik.

Untuk baris kedua varian Confero S, ada pilihan captain seat untuk tipe 7 Penumpang

Saat melewati peredam kejut disalah satu bagian jalan area test ride, suspensinya cukup lembut. Sayangnya saya tidak sempat mencoba akselerasi dan tenaga  mobil yang dilengkapi mesin berkapasitas 1500cc ini karena kondisi area test ride yang tidak memungkinkan.

Value for Money Confero-S dan Kemewahannya

Varian Confero-S 1.5L Lux+ dari Wuling merupakan spesifikasi yang paling tinggi dan dilepas kepasaran dengan harga OTR Rp 165.900.000 khusus wilayah Jabodetabek. Dengan value for money sebesar itu kira-kira apa yang kita dapat dari mobil keluarga yang mencuri perhatian peminat otomotif Indonesia.

Ada beberapa fitur yang menarik perhatian saya, pertama adalah design dashboard yang dilengkapi dengan sistem entertainment yang lengkap. Video audio display sebesar 8” yang sudah dilengkapi dengan USB dan bluetoth yang bisa terkoneksi langsung dengan smartphone. Bahkan dari balik kemudi kita juga bisa mengontrol audio dengan mudah.

Sensor parkir tidak hanya dibelakang, tapi juga didepan mobil sehingga memudahkan kita untuk parkir di area yang sempit. Saya sempat parkir mundur, dan otomatis display LCD di dashboard konek ke sensor belakang dan menampilkan keadaan dibelakang kendaraan. Dengan LCD 8” kita bisa dengan nyaman melihat kondisi dibelakang, khususnya dibagian bawah.

Wuling Confero-S memang didesain dengan konsep mobil nyaman dan lega. Dengan panjang 4,5meter dan tersedia pilihan type captain seat di row kedua ditambah slot USB di setiap row memang ditujukan untuk memberi kenyaman bagi penumpang baik di row kedua dan ketiga.

Ada hal unik yang jarang saya lihat di type mobil low MPV yang sudah beredar dan itu hanya ada di Confero-S, yaitu TPMS (Tire Pressure Monitoring System). Indikator ini berfungsi untuk memberi informasi tentang tekanan ban kendaraan kita. Jadi kita bisa mengontrol setiap saat kita akan berkendaraan. Karena tekanan ban yang kurang ataupun berlebih akan membahayakan perjalanan kita bersama keluarga.

Fitur keamanan dan kenyaman yang ditawarkan cukup lemgkap, khususnya yang ada di varian Confero S type L Seperti ABS+EBD, Discbrake depan-belakang, dual front srs airbag, adjustable projector headlight dan masih banyak lagi.

Saat selesai test drive, saya iseng mengetok body Confero S berwarna silver yang saya coba. Dan body mobil ini terasa kokoh. Dari Informasi yang saya dapat, ternyata body Wuling Confero ini dibalut plat dengan ketebalan rata 7.5mm, dengan ketebalan ini, bisa dibilang Confero salah satu body terkokoh dikelas low MPV.

Sebuah mobil Confero S Cutting Unit hadir di GIIAS 2017 agar pengunjug bisa lebih leluasa melihat varian ini.

Wuling Motors Indonesia memang masih membutuhkan pembuktian di khalayak pecinta otomotif Indonesia. Terlebih pandangan miring tentang sejarah produsen otomotif China sebelumnya yang hanya mampir untuk menjual barang saja tanpa konsep jangka pajang.

Hal berbeda dilakukan Wuling Motor dengan berinvestasi 700$ Dollar untuk masuk pasar Indonesia. Umurnya yang baru 2 tahun bukan jadi halangan untuk menciptakan Low MPV sebagai mobil keluarga, mobil nyaman dan lega lewat varian Confero dan Confero S untuk keluarga Indonesia.

Investasi yang besar menjadi bukti, bahwa wuling memikirkan konsep bisnis jangka panjang. Mampukah Wuling bersaing dengan brand otomotif lainnya?. Setelah saya lihat sendiri secara langsung, jujur Wuling punya kesempatan untuk bersaing.


You Might Also Like

38 komentar

  1. DL yang membawa berkah ya.
    Selamat untuk pemenang lainnya.

    BalasHapus
  2. Oooo kirain apaan :)))) judulnya macem portal2 yang kejar click bait :p

    Btw makin banyak aja acara inovasi2 gini. Orang Indonesia trnyata kreatif (yang positif) luar biasa kalau ditantang. Asik tinggal tunggu eksekusi dari BCA nya nih buat Tim astaghfirullah.

    BalasHapus
  3. MPV memang masih favorit bagi keluarga di Indonesia, muat banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeess mobil impian keluarga, biar bisa bareng2 pulkam ke Malang yo mbak..

      Hapus
  4. Setiap liat postingan ttg Wuling dan iklannya pun sering banget tayang di TV lantas nggiler..ampun itu lega banget sih space-nya.. pingin punya atu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekalian punya dua aja mbak,..satu disewain aja. Hahahaha

      Hapus
  5. Aku sempet browsing soal mobilnya, trus langsung tertarik sama spesifikasinya yang lengkap dengan harga segitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuuhhh,..kalo lihat aselinya bikin ngiler..

      Hapus
  6. jadi makin banyak pilihan buat beli mobil keluarga yang nyaman :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin rame persaingan, bisa bikin murah harganya ya mbak..

      Hapus
  7. Lega dan bagus designnya jd pgn test drive :)

    BalasHapus
  8. Semakin banyak pilihan kalau mau beli mobil untuk keluarga ya :)

    BalasHapus
  9. Tuhkan aku jadi pengen beli mobil baru mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yg putih dijual dulu aja tehh...hiihihihi

      Hapus
  10. Wah ternyata pabriknya di Indonesia, semoga dapat menyerap tenaga kerja

    Salam hangat blogger udik http://www.kompasiana.com/rakyatjelata

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yessss, keren ya? Tinggal tunggu undangan main ke pabriknya nih..

      Hapus
  11. Pengin punya mobil juga tipe2 familly agar enak kalo travelling bisa ajak keluarga besar, makasih sharingnya Mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini cocok mas, jangan lihat chinanya tp pertimbangkan pabriknya di cikarang.

      Hapus
  12. Confero ini keren yak. Value for money dan juga dibutuhkan keluarga Indonesia!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss value for money, gak murahan

      Hapus
  13. Keren emang persiapannya, 2 tahun bok! Dan mereka ga buru2 aja pengen jualan, ya! :)

    Eh, iya, waktu itu sempet nyetir ya ... Yg duduk di belakang aja nyaman kok dengan kursinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat orang setinggi saya, masih nyaman di kabin supir, mantap lah..

      Hapus
  14. Jadi makin kepingin punya mobil mpv ini untuk keluarga. Kayanya lega ya buat jalan-jalan. Nggak nyangka kalau pabriknya ada di Indonesia juga, bisa bantu perekonomian warga sekitar pabriknya ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeesss salut buat mereka, gak cuma mampir buat jualan doang.

      Hapus
  15. masuk dalam list dream board ini , ulasannya mantaf kak

    BalasHapus
  16. Aku udah ngeliat dari lama dan cari info tentang mobil ini. Duh mupeng banget karena luas gitu yaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa selonjoran di row kedua, apalagi yg type captain seat. Dijamin keren

      Hapus
  17. Aku tuh suka mobil tipe gini nih. Yang mobil keluarga banget. Bisa muat ajak keluarga lain. Perjalanan akan lebih seru klo jalannya rame2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Perjalan jauh jadi gak kerasa ya mbak..

      Hapus
  18. Sepakt, Wuling punya kesempatan bersaing di pasar Indonesia. Selain harganya murah secara low end, rakyat Indonesia memang banyak yang memilih MPV yang bisa muat banyak dan lega. Ya, semoga saja mampu mematahkan pandangan miring soal produksi China.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss semoga wuling sukses di Indonesia

      Hapus
  19. Desainnya kece, harganya lumayan lah ya Confero ini untuk kelas mobil keluarga.

    BalasHapus
  20. Harganya lumayan terjangkau ya mas...pas untuk keluarga besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat terjangkau, bukan murahan tapi ini value for money untuk anda.

      Hapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

TRAC Promo Mudik Lebaran