Astaghfirullah, Jawara FinHacks 2017 #CodeEscape

10.21

Astaghfirullah menjadi yang terbaik di ajang Finhacks 2017. Sebelum tulisan ini berlanjut, hanya ingin memberitahukan bahwa saya tidak sedang mengucapkan kalimat istighfar saat menulis artikel ini.


Astaghfirullah adalah nama tim yang menjadi jawara Finhacks 2017 yang pada tahun ini diselenggarakan di BCA Learning Institute di kawasan Sentul Bogor pada tanggal 26-27 Agustus 2017. Bisa jadi nama Astaghfirulah justru memberikan kekuatan lebih bagi mereka untuk memenangkan ajang tahunan kali ini.

Dari 60 tim yang hadir di babak final, nama tim yang satu ini sudah menarik perhatian saya sejak babak eleminasi. Sebenarnya ada beberapa tim yang mempunyai nama unik, tapi jujur mendengar nama tim ini pertama kali berhasil membuat saya tersenyum dan ingin tahu ada apa dibalik namanya tersebut.

Selesai juga acara puncak Finhack 2017 di BCA Learning Institute, Sampai jumpa di Finhack 2018

Selidik punya selidik, ternyata nama ini muncul ditengah kepanikan mereka saat harus men-submit ide aplikasi, sementara batas waktunya tinggal 3 jam lagi. Tapi siapa sangka, tim yang terdiri dari Andang Rian Dimas, I Putu Yoga Permana dan Havit Choirul Rovik berhasil menjadi yang terbaik di tahun 2017.

Tim Astaghfirullah yang membuat aplikasi QuickTap dengan memanfaatkan costum keyboard merupakan salah satu jagoan saya saat mereka mempresentasikan idenya didepan dewan juri dan peserta lain. Costum keyboard itu seperti tombol emoji/emoticon di keyboard.

Pada saat mempresentasikan, mereka terlihat gugup dan ragu. Wajar saja karena mereka dipanggil petama kali untuk mempresentasikan didepan ratusan peserta, dewan juri dan jajaran Direksi BCA yang hadir pada saat itu.

Simplenya, aplikasi quicktap yang mereka buat adalah dengan menambahkan tombol BCA di keyboard kita. Fungsinya, saat kita menyentuh/tap tombol tersebut maka otomatis akan terkoneksi dengan akun BCA. 

Aplikasi ini sangat berguna untuk para penjual atau pembeli online, karena dalam satu kali tap/sentuh data akun BCA kita sudah bisa mudah di akses. Baik itu untuk transfer, cek saldo atau hanya untuk share (copy/paste) nomor rekening kepada orang yang kita tuju, tanpa harus repot membuka aplikasi lain untuk melihat nomor rekening kita.

Saat ditanya apakah akan mengganti nama tim setelah memenangkan ajang Finhack2017, ketiga anggota tim Astaghfirullah hanya tertawa.

Tim lain yang saya jagokan juga adalah, Linksoft. Tim yang beranggotakan Fanani M.Ihsan dan Aditya Gusti Tammam ini memanfaatkan KTP Elektronik untuk bertransaksi dengan aplikasi Kallet (KTP e-Wallet). 

Dengan presentasi yang santai, humoris khas jawa timuran, Linksoft cukup mencuri perhatian yang hadir. Selain itu ide memanfaatkan chip data yang terdapat di KTP elektronik cukup masuk akal.

Selama ini kita tahu, KTP Elektronik hanya baru sebatas nama, penggunaanya jauh dari kata elektronik di masa digital ini. Kita bahkan tidak tahu bedanya KTP elektronik dengan KTP jaman dulu. Yang kita tahu, KTP Elektronik mempunyai NIK yang memuat data pribadi. Terus kegunaannya untuk kita apa?.

Dengan aplikasi Kallet setidaknya, KTP Elektronik bisa befungsi lebih digital ketimbang cuma buat difotokopi saja. Melalui aplikasi ini, KTP kita bisa dipakai untuk transaksi perbankkan dengan hanya menempelkan KTP pada card reader semacam EDC. 
Tapi memang menerapkan sistem perbankkan pada KTP harus dikaji lebih dalam dari segi keamanannya.

Peringkat ketiga adalah tim YadaYada, mereka membuat aplikasi tentang smartdocs. Yaitu aplikasi yang mendigitalkan dokumen analog milik kita ke bentuk digital. Jujur, waktu presentasi yang hanya 3 menit, membuat saya tidak begitu paham penjelasan mereka. Tapi yang pasti dewan juri pasti sudah melihat kelebihan lain dari aplikasi mereka dibanding peserta lain, sehingga memutuskan mereka menjadi yang terbaik ketiga di Finhacks 2017.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengajak ber-swafoto para peserta Finhack 2017 yang berhasil menembus ke babak puncak.

FINHACKS 2017

Ini adalah gelaran tahun kedua, Financial Hackatons 2017 adalah wujud nyata BCA dalam menghadapi perkembangan dunia digital dalam industri perbankan dan keuangan yang terus berkembang dengan sangat cepat. 

Finhacks 2017 kali ini mengusung konsep #CodeEscape (Code and Escape) yang kurang lebih mempunyai arti melepaskan diri dari kepenatan sehari-hari dengan berkreasi lewat coding, dengan membuat aplikasi perbankan yang mudah dan menyenangkan.

60 tim yang berkumpul di babak puncak Finhacks 2017 di BCA Learning Institute, Sentul Bogor sebelumnya sudah melalui beberapa tahapan. Dimulai dari Developer meetup di Jakarta dan Mini Finhack di 3 kota yaitu, Surabaya, Yogyakarta dan Bandung. 
Setidaknya tahun ini ada 685 ide aplikasi digital banking dengan segala kreatifitas para developer muda Indonesia.

Jajaran Direksi BCA yang hadir di acara puncak Finhack 2017.
Kiri-kanan; Santoso, Jahja Setiaatmadja, Hermawan Thendean dan Armand W. Hartono
Hadir pada saat sesi presentasi 8 tim terbaik, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja di dampingi oleh Wakil Presiden Direktur BCA Armand W. Hartono, Direktur BCA Santoso dan Senior Executive Vice President Strategic Information Technology BCA Hermawan Thendean.

Pada kesempatan tersebut bp. Jahja Setiaatmadja memberikan kejutan dengan menambahkan hadiah tambahan berupa uang cash bagi 3 tim peserta yang namanya terpilih secara acak dari fishbowl yang sudah disediakan panitia.  

Bp. Jahja Setiaatmadja juga menyampaikan bahwa "Ide-ide aplikasi digital banking yang diciptakan sangat inovatif dan saya berharap dapat memberikan manfaat yang seluas-luasnya bagi perkembangan ekonomi dan teknologi di Indonesia, khususnya di industri perbankan".


Dewan Juri FinHacks 2017
- CEO & Founder DailySocial Rama Mamuaya 
- COO & CTO KASKUS On Lee
- CEO Biznet Gio Dondy Bappedyanto
- CIO Bizzy.co.id Norman Sasono
- CTO Tiket.com Natali Ardianto
- CTO Pinjam.co.id Sofian Hadiwijaya

8 Tim Finalis Terbaik FinHacks 2017
- Astagfirullah
- YadaYada
- One Last Breath
- Tella 
- Main Code
- Fauzan
- LinkSoft
- GWK

You Might Also Like

41 komentar

  1. hahahha aku pikir kenapa, rupanya namasalah satu finalis dan juara hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaahahaa ember kak, pertama lihat nama tim mereka di list, saya ngakak sendiri. Ehhh ternyata, 1 tim tersebut
      duduknya persis dibelakang saya

      Hapus
  2. Wah, ini keren!

    Dengan aplikasi Kallet setidaknya, KTP Elektronik bisa befungsi lebih digital ketimbang cuma buat difotokopi saja. Melalui aplikasi ini, KTP kita bisa dipakai untuk transaksi perbankkan dengan hanya menempelkan KTP pada card reader semacam EDC.

    Ku dah lama membayangkan eKTP ga cuma jadi pajangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebel ya,...cuma namanya doang e-ktp, kelakuannya masih analog

      Hapus
  3. hahahahah baca judulnya kirain ada apa

    selamat buat pemenang ya...semoga bisa amanah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiinn, terima kasih sudah mampir ya mbak

      Hapus
  4. Finhack BCA selalu memberikan inovasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penasaran finhack tahun depan ya..

      Hapus
  5. BCA memang keren ya. Mantep neh acaranya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daripada ahli coding itu nghack website orang, mending bikin aplikasi ya ceuu..?

      Hapus
  6. Aku juga kaget pas baca pertama kali nama istighfar itu :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas kaget, baca Istighfar juga gak?

      Hapus
  7. E-KTP itu asli bikin geregetan. Memang cuma namanya aja sok sokan pakai 'e' tapi fungsi kartu elektroniknya malah belum ada. Suka dengan ajang seperti Finhack yang membuat generasi muda makin kreatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya proyek e-ktp cuma jadi bahan korupsi doang ya? Fungsinya gak beda2 jauh sama ktp kertas.

      Hapus
  8. Pas baca kalimat awalnya kirain Mas Satto menang kompetisi apaaaaa gt, ternyata hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin ya Allah, semoga saya menang lomba..

      Hapus
  9. BCA emang gak ada matinya ya. Idenya bagus banget. Mendapatkan ide inovasi dari orang2 diluar BCA. Dgn begitu idenya pasti fresh dan beyond expectation. Krn biasanya orang2 yg sdh terlalu lama nyebur di dalam suatu lingkungan, gak bisa melihat "sesuatu" untuk dijadikan inovasi baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeesss nanti ide2 yang ada tinggal dikembangkan sama BCA dehh,..makin cuuss inovasinya

      Hapus
  10. Oke jg tuh idenya si Astagfirullah. Sekali mencet tombolnya langsung muncul klikbca ya, jd lbh singkat prosesnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yesss,..tapi memang fasilitasnya dibatasi hanya untuk transfer, cek saldo dan share norekening untuk transaksi online

      Hapus
  11. Demi apa itu nama tim nya, hahahahaha,
    Tapi ide nya keren, jadi pengen buat aplikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Demi jadi juara, yuukk bikin aplikasi

      Hapus
  12. Sekarang makin banyak aplikasi baru bermunculan ya mas, cuma kadang saya bingung kegunaannya dan kalau hp kenyakan app biasa mendadak hang :D
    btw, anak muda milenial makin kreatif ya dengan penemuan2 mereka mengenai aplikasi terutama utk perbankan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahahaha, kadang emang kita harus pilih applikasi mana yg harus kita pake ya mbak..

      Hapus
  13. Selamat untuk tim Astagfirullah yang masuk Finalis terbaik FinHacks 2017

    BalasHapus
  14. Astagfirullah, kece banget asli aplikasinya. Itu kalau beneran direalisasikan bakalan ngebantu tim finance dan para online shopper atau online store juga lho ya. Kece!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeessss,..jadi gak ribet kalo cuma buat share norekening atau transfer ya mbak

      Hapus
  15. inovatif banget penemuannya, pasti bermanfaat buat yang jualan online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banggeettt....kita tunggu BCA untuk develop

      Hapus
  16. Walah, itu nama tim tho.
    Kupikir tadi ada apa dgn event ini kok sampai istighfar hihihi...
    Good job!

    BalasHapus
  17. Astaghfirullah, pasti yang nonton pun suka datang ke acara finhacks ini. Keren nama timnnya karena kepepet submit, tapi malah gampang diingat.

    BalasHapus
  18. Dari kemarin baca judul post ini bingung sendiri. Ternyata nama kelompok yaaa. Udah namanya unik, menang pula! Hehe. Tapi idenya emang kreatif. Sebagai pengguna aplikasi perbankan di smartphone yang kadang ribet mesti buka tutup aplikasi, kalau beneran terealisasi tuh tombol yang bisa langsung akses ke aplikasi perbankan pasti asyik.

    Kallet (ktp e-wallet) juga mantap idenya. Semoga terealisasi juga deh biar ada alasan ganti foto di ktp yang nggak instagram-able. Hehehe

    BalasHapus
  19. Baca judulnya udah kaget..kirain astaghfirullah apaan ������

    BalasHapus
  20. wah inovatif dan menarik, simpel tapi menjawab kebutuhan! Pantes banget menang! Astaghfirullah! Kirain ini judulnya biar viral (eh emang mesti didoain ya tulisannya viral hehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ammiiinn,...biar viral lumayan naikin trafic

      Hapus
  21. Hahaha...ternyata, prolog yg bikin penasaran

    Unik juga teamnya menamakannya, jd ngebayangin ketika nama grup Astagfirullah di sounding

    BalasHapus
  22. Aku pikir ada kasus apa, ternyata nama timnya Astagfirullah hahaha.

    BalasHapus
  23. Nama timnya menarik perhatian dan beda banget

    Wah komenku sebelumnya dr android, di sini jg tidak ada. Komen lg ya :)

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

TRAC Promo Mudik Lebaran