Souvenir Tentang Wisata Indonesia

00.07

Indonesia punya potensi wisata yang sangat luar biasa. Kita dikelilingi jajaran pegunungan yang indah, hutan hujan tropis yang mempunyai ragam satwa. Dan kita juga punya keindahan pantai dan kekayaan biota laut kelas dunia terhampar dari Sabang sampai Merauke.


Itu baru kekayaan alam. Belum kekayaan budaya tiap daerah di seluruh Indonesia yang penuh ragam. Kebudayaan yang punya ciri khas berbeda disetiap daerah yang mempunyai daya tarik masing-masing.





Potensi wisata yang besar ini harus kita promosikan terus, agar wisata kita makin dikenal sehingga orang makin tahu siapa Indonesia.

Pemerintah kini sudah mulai mempromosikan wisata Indonesia kedaratan eropa. Saya teringat cerita seorang kawan, profesinya adalah tourist guide.

Begitu terkejutnya dia, ketika melihat icon Wonderfull Indonesia menempel dibus tingkat yang wara-wiri di kota London, atau saat melihat billboard besar di kota paris yang isinya mempromosikan Indonesia. Ada rasa bangga ketika dinegara orang tercantum nama Indonesia disana.

Kalau pemerintah sudah mulai berusaha, kita sebagai tuan rumah harus bersiap menerima tamu.

Mungkin kalau berbicara infrastruktur, peraturan daerah dan mental rakyat Indonesia pembahasannya akan sangat panjang dan mendalam.

Yang mau saya bahas disini hanya masalah souvenir atau buah tangan. Memangnya kenapa dengan souvenir yang ada sekarang..?

Sebenarnya kita akan dengan mudah menemukan souvenir di tujuan wisata seluruh Indonesia, tapi kalau mau jujur, belum ada standard souvenir yang baku di Indonesia.

Souvenir di Indonesia sebagian besar pangsa pasarnya masih untuk wisatawan domestik, sehingga kurang memperhatikan kualitas dan design yang cenderung tidak berkembang.

Berangkat dari keresahan inilah GOESAR Tourist Souvenir (GTS) hadir. GTS ingin mendukung program pemerintah yang ingin membangkitkan kembali sektor wisata pada tahun 2017, dengan mengembangkan produk souvenir yang unik, berkelas dan kreatif.

Ini tentu inisiatif yang baik dan harus di apresiasi, terlebih lagi GTS mengedepankan kualitas souvenir agar tidak memalukan jika dijadikan buah tangan para turis mancanegara.

GTS akan memproduksi setidaknya 24 item souvenir berkualitas dengan kisaran harga 30.000 sampai 1.500.000. Macam souvenir itu diantaranya :
  • Bag luggage
  • Ceramic
  • Botol minuman
  • Kain (fabric)
  • Sendal (flip-flop)
  • Makanan
  • Pigura
  • Magnet kulkas
  • Cermin (hand mirror)
  • Kerajinan tangan
  • Topi
  • Kipas tangan
  • Perhiasan
  • Gantungan kunci
  • Sarung korek api
  • Lukisan
  • Pin
  • Toys
  • Ukiran
  • Patung
  • T'shirt
  • Payung
  • Asbak
  • Pembuka botol
Saya sempat membeli beberapa produk dari GTS, memang saat itu baru tersedia gantungan kunci dan magnet kulkas. Designnya pun baru ada dua daerah yaitu Sumatera Utara dan Belitung.

Penghuni baru kulkas kami.

Kedepannya akan ada dari daerah Jakarta, Wakatobi, Labuan Bajo, Menado, Toraja, Mandalika, Raja Ampat, Kepulauan Seribu dan Borobudur yang menjadi daerah wisata unggulan Indonesia.

Lalu apa bedanya gantungan kunci dan magnet kulkas produksi GTS dengan souvenir pada umumnya di Indonesia.

Gantungan kunci dan magnet kulkas dari GTS ini terbuat dari bahan semacam logam atau lebih tepatnya zinc alloy. Kalau kita pegang terasa berat dan kuat. 

Bahan zink alloy nampak kuat, ada dua titik magnet yang membuat semakin kencang saat menempel di pintu kulkas


Saya jadi teringat hadiah magnet kulkas dari negara tetangga yang sudah lebih dulu menempel dikulkas kami.

Dulu, saya cukup terkesima melihat souvenir itu, tapi begitu saya punya magnet kulkas dari GTS, lewat lah itu magnet kulkas berbentuk twin tower.

Secara bahan dan design, produksi anak bangsa ini lebih baik dengan harga yang bersaing, 30.000 untuk gantungan kunci dan 35.000 untuk magnet kulkas.

Nilai positif lainnya menurut saya adalah, disetiap packaging souvenir GTS selalu menyelipkan informasi mengenai tempat wisata dan keunikannya. 

Sehingga secara tidak langsung ikut mempromosikan daerah tersebut, atau minimal memancing perasaan ingin tahu bagi yang melihatnya.

Saya salah satu korbannya, ketika saya tertarik sekali dengan magnet kulkas berbentuk seperti topeng dengan tulisan besar "GORGA"  di bagian bawah.

Saya awalnya tidak tahu apa itu Gorga, yang ternyata merupakan motif pahat atau ukiran khas batak yang biasanya ada diluar rumah dan alat musik. Tambahan ilmu pengenalan budaya untuk saya.

Ada petunjuk atau informasi mengenai daerah wisata sekitar untuk mempermudah wisatawan mengeksplore tempat wisata lainnya


Untuk saat ini GTS sudah bekerjasama dengan beberapa toko dibandara, dan beberapa daerah wisata untuk pendistribusiannya.

Kalau ingin lebih mudah, kita juga bisa belanja online dan memilih ragam souvenir yang sudah tersedia melalui e-commerce GTS :
www.touristsouvenirindonesia.co.id

Semoga pariwisata kita akan semakin membaik sehingga meningkatkan kesejahteraan warga di sekitar objek wisata.

Selain itu kita juga harus bisa menjaga lingkungan agar tetap asri sehingga terus menarik perhatian wisatawan untuk dikunjungi.

Karena kalau kita tidak menjaga, maka keindahan wisata tersebut tidak akan bertahan lama dan wisatawan enggan untuk berkunjung.
Kalau sudah begitu, semua akan merasakan kerugiannya.






You Might Also Like

4 komentar

  1. Ah ini setuju banget klo kebanyakan souvenir di indonesia kurang punya nilai jual apalagi untuk tutis mancanegara. Bahkan terkadang aku pun suka males belinya karena cenderung gak berkelas (maaf).

    BalasHapus
  2. Ada benernya juga kok, sekalinya ada yg bagus diproduksinya cuma sedikit jadi harganya mahal.

    BalasHapus
  3. nah souvenir ini kan buat orang dewasa nih , siapa tau ada tetangga atau saudara yang baru melahirkan mending kasi sabun bayi sebagai hadiah karena usefull banget loh sabun BAYI

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Kuliner Terbaik Pucuk Coolinary Festival Malang 2018