Akankah Datang Senjakala Iklan Baris Jual Beli Mobil

15.37

Pernah baca caption seperti ini di iklan baris media cetak?

Toyota Innova E Diesel manual 2010 Silver nopol DA tng-1 drbaru 100%ors BU169jt klp gading telp.*******
atau;
Carnival Diesel th2000,hitam matic, sunroof,electric seat,dr br smpai skrng tgn prtma,km 158rb srvis sllu di-bgkel resmi,suku cdng sllu genuine,hub ***** pmkai lgsg.

Pasti pernah, hampir setiap hari di media cetak selalu muncul iklan baris yang menawarkan tidak hanya jual beli kendaraan bermotor tapi juga iklan jual beli rumah sampai iklan lowongan pekerjaan.

Kurang lebih 10 tahun yang lalu, cara ini sangat efektif dan menjadi idola bagi semua orang yang ingin menjual mobilnya. Saya pun pernah memasang iklan baris untuk menjual mobil, walau dengan karakter terbatas tapi harga yang ekonomis menjadi pilihan berbagai kalangan.
Tri Utami mewakili Mobil123.com saat meluncurkan teknologi live chat di event GIIAS 2016
Tapi kini jaman semakin berkembang, terlebih pengguna internet di Indonesia yang dari tahun ke tahun semakin meningkat. Bayangkan saja, tahun 2014 pengguna internet di Indonesia sebanyak 82jt dan berada di peringkat 8 dunia. Sedangkan di awal tahun 2016 pengguna internet kita mengalami peningkatan jumlah menjadi 88.1 juta jiwa.

Dengan teknologi yang berkembang dan kebutuhan informasi yang semakin cepat dibutuhkan cara baru untuk memfasilitasi itu semua. Dan akhirnya mulai lah berkembang sebuah sistem jual-beli mobil secara digital/online, yang memudahkan para penjual maupun pembeli untuk mencari kebutuhan mereka.

Contohnya dengan kehadiran mobil123.com, portal otomotif no.1 di Indonesia ini merupakan website jual-beli mobil terbesar dan terpercaya. Sampai saat ini saja sudah berhasil menjual lebih dari 200.000 kendaraan  melalui platform jual beli yang ada di mobil123.com.

Dengan kehadiran mobil123.com kita bisa lebih leluasa memberikan gambaran atau keterangan deskripsi tentang kendaraan yang akan kita jual tanpa terbatas oleh karakter seperti di iklan baris. Kemudian kita juga bisa langsung menambahkan atau meng-upload foto teraktual dari kendaraan yang akan kita jual untuk lebih meyakinkan calon pembeli. Dan semua ini bisa di akses secara gratis tanpa dipungut biaya sedikit pun kecuali untuk pengguna akun premium. Sehingga penjual bisa memberikan harga yang kompetitif tanpa di pusingkan memberi komisi kepada mobil123.com.

Sebagai portal otomotif no.1 di Indonesia, mobil123.com terus berinovasi. Yang terbaru adalah saat di GIIAS 2016 yang berlokasi di ICE BSD, mobil123.com meluncurkan teknologi livechat bagi para pengunjung websitenya yang ingin mencari informasi terkait informasi jual-beli ataupun masalah teknis.

Kalau saya tulis livechat, ini ternyata benar-benar live. Maksudnya adalah, kita benar-benar berkomunikasi dengan para admin yang berada di markas mereka di kawasan Mampang. Jadi bukan dijawab oleh robot ataupun sekedar tanya jawab melalui email. Semua benar-benar dijawab atau di respon oleh manusia beneran bukan jadi-jadian. Dan canggihnya lagi, mobil123.com merupakan portal otomotif pertama di Indonesia menggunakan fitur livechat ini.

Untuk versi desktop icon livechat ada di pojok kanan bawah
Memang untuk saat ini fungsi livechat hanya bisa di akses hari senin sampai jum’at pada jam 08.30-17.30, kalau saja live chatnya bisa 24 jam dan 7 hari dalam seminggu pasti akan lebih maksimal memberikan pelayanan bagi para penjual maupun pembeli.

Mobil123.com sangat menyadari tren saat ini, dimana orang sudah jarang sekali menelpon ke call center. Mereka lebih sering menggunakan gadget ataupun smartphone untuk berkomunikasi, alasannya lebih ringkas dan murah dalam biaya. Ini yang menjadi dasar peluncuran fitur livechat di website mereka. Dan terbukti sejak softlaunch pada tanggal 11 Agustus 2016 sudah ada percakapan aktif sebanyak 4000 chat dalam kurun waktu tidak lebih dari 10 hari. Dan hal yang paling banyak ditanyakan adalah mengenai mobil yang akan di cari, promo cicilan dari mitra yang bekerjasama dengan mobil123.com dan sebagian kecil bertanya mengenai registrasi atau hal teknis dalam proses posting. Setidaknya itu yang dijelaskan oleh Tri Utami selaku Technical Bisnis Analist mobil123.com.
Kalau diakses melalui versi mobile, ikon chatnya pun berada di pojok kanan bawah screen

Sempat mencoba fitur ini saat launching, dan di respon oleh mbak fanny. cepat atau lamanya waktu respon tergantung jaringan dan traffic pada saat itu. Yang uniknya untuk versi mobile, chat kita tetap tersimpan. Screenshoot ini saya simpan setelah 21 jam berlalu.


Pengembangan live chat mobil123.com tidak hanya sampai disini, kedepannya akan masih terus di develop agar sesama pembeli dan penjual bisa langsung chat tanpa harus keluar dari website mobil123.com. Tentu ini akan sangat membantu bagi para pembeli yang ingin menanyakan mengenai spesifikasi kendaraan yang dijual sebelum memutuskan untuk membeli.

Hmmmmm jadi seperti social media Facebook, dimana setiap akun yang sudah teregistrasi bisa langsung chat. Seru juga nihhh. 

Lalu bagaimana dengan iklan baris di media cetak?. Untuk saat ini walau oplah media cetak semakin turun tapi mereka masih punya pasar tersendiri untuk iklan baris. Tapi entah kalau melihat perkembangan internet 5 ataupun 10 tahun kedepan, bisa jadi iklan baris khususnya untuk jual-beli kendaraan akan beralih ke digital. Karena tidak dipungkiri perkembangan era digital banyak memberikan benefit bagi penjual maupun pembeli.






You Might Also Like

12 komentar

  1. wah baru tau mobil 123 ada live chat-nya, makasih infonya mas Sattooo..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru di luncurkan mbak zata,...coba aja iseng2 tanya. Pasti di jawab. Hihihiihihi

      Hapus
  2. Live chat ini sangat membantu yang ingin punya detail fitur mobil yang akan dibelinya.
    Keren banget layanannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bettolll...sayang opetasionalnya belum 24/7

      Hapus
  3. Iya nih, udah jarang baca koran jg ya skrg :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita kan generasi "Y" jadi paperless gitu.

      #Sombongnya

      Hihihiihihi

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    3. seru ya kalo udh ada live chat..bisa cepet direspon

      Hapus
  4. Waahhh kalau operasionalnya 24 jam sehari bisa banyak yang curhat kalau tengah malam :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan biar adminnya gak ngantuk..

      Hapus
  5. Setdah pengguna internet udah 82jt banyak juga ya

    Salam www.travellingaddict.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Luar biasa ya...

      salam kenal juga gan..

      Hapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.

Entri yang Diunggulkan

Kuliner Terbaik Pucuk Coolinary Festival Malang 2018