TMMIN Karawang I Plant Produksi Mobil Kelas Dunia

PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia atau yang lebih akrab disebut PT.TMMIN adalah perusahaan manufaktur otomotif yang sudah lebih dari 40 tahun hadir di Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa Toyota begitu mendominasi dunia otomotif Indonesia.

Produksi PT.TMMIN Tidak hanya untuk pasar otomotif Indonesia, 60 persen total produksi mereka di ekspor ke 80 negara dan sebagian besarnya ke daerah teluk dengan produk andalan mereka Toyota Fortuner maupun Innova.



Pasti masih bingung membedakan antara Toyota Astra Motor (TAM) dan Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) kan?. Saya coba jelaskan sejarah singkat dari saduran tulisan saya terdahulu.

Sejarah Toyota Indonesia sebelum resmi menyandang nama TMMIN terbagi dalam tiga tahapan; Tahap pertama di mulai pada tahun 1971 dengan nama TAM (Toyota Astra Motor) yang pada awalnya hanya sebatas importir dan distributor. Lalu satu persatu komponen pendukung TAM mulai berdiri, dimulai ditahun 1973 dengan Multi Astra khusus membangun Assy Plant untuk assembling dilanjutkan Toyota Mobilindo untuk Component Plant pada tahun 1976 dan pada tahun 1982 berdiri engine plant di bawah Toyota Engine Indonesia.

Memasuki Tahap Kedua medio tahun 1989 sampai 2003 semua komponen tersebut digabung menjadi satu di bawah bendera Toyota Astra Motor. Dan akhirnya pada tahap ketiga di tahun 2003 TMMIN (Toyota Motor Manufacturing Indonesia) mulai resmi beroperasi.

Berfungsi sebagai manufacturer dan exportir TMMIN mempunyai peran yang tidak kalah penting dengan TAM (Toyota Astra Motor) yang sekarang berfungsi sebagai distributor dalam negeri, CBU importir dan Service parts di dunia otomotif Indonesia.

Ini adalah kunjungan kedua kali bagi saya ke dapur produksi PT.TMMIN. Juni 2015 saya berkesempatan untuk kali pertama mengunjungi pabrik PT.TMMIN Sunter I Plant yang memproduksi bagian mesin.

Dan di penghujung tahun 2017, saya kembali mendapat kesempatan dari mobil123.com dan PT.TMMIN untuk mengunjungi Karawang I Plant tempat proses stamping, welding, pengecatan sampai perakitan mobil hingga siap di antar ke distributor.

Dari 2 lokasi pabrik yang terpisah jarak cukup jauh, saya bisa merasakan aura atau suasana kerja yang tidak jauh beda antara dua pabrik milik PT.TMMIN ini. Kesan yang luas, bersih dan teratur dalam setiap produksinya sangat jelas terasa.

Perbedaannya, di Sunter I Plant memang terkesan lebih luas dan lapang. Bahkan di tengah pabrik ada taman buatan untuk para karyawan rehat sejenak. Sementara di Plant 1 Karawang, bagian dalam pabrik terlihat lebih padat dengan mesin berukuran besar dan jajaran part/bagian mobil yang akan dirakit.

Stamping & Welding

Kamis siang itu, waktu sudah menunjukkan pukul 12.00 kami sudah berada di kawasan industri Karawang. Tidak lebih dari 20 menit dari pintu tol terdekat, kami sudah sampai dikawasan PT.TMMIN. Pabrik yang mempunyai total luas lahan 100 hektare ini terlihat luas dengan bangunan yang tertata rapi.

Kami langsung berkumpul di Toyota Lounge untuk mendengar opening spech dari perwakilan PT.TMMIN dan Mobil123.com Portal Otomotif Nomor 1. Setelah itu kami medapat penjelasan mengenai prosedur keamanan, sebelum diijnkan melihat langsung ke area produksi.

Kabar menggembirakan yang kami dapat hari itu adalah, kami diijinkan untuk mengambil gambar untuk dokumentasi kami pribadi, apalah arti jalan-jalan tanpa selfie bagi para blogger.
Ini jauh berbeda, saat kami mengunjungi Sunter I Plant yang dilarang membawa kamera, bahkan kamera smartphone kami ditutup dengan sticker.

Rekan-rekan blogger saat berada diwilayah stamping. Dibagian atas gambar adalah plat besi yang sudah di stamping menjadi bentuk pintu maupun panel samping kendaraan


Memasuki area stamping, kami langsung dapat melihat lempengan plat besi berbagai ukuran. Bentuknya masih lembaran, sebelum akhirnya nanti plat besi tersebut di masukkan kedalam mesin dan dengan kekuatan yang sangat besar, lempengan itu dicetak dengan bentuk yang sesuai dengan peruntukkannya.
Mulai dari pintu depan dan belakang, kap mobil, bagasi dan semua materi yang terbuat dari plat besi diproduksi awal dibagian stamping. Sebelum nantinya disatukan.

Setelah melewati bagian stamping, kami masuk kebagian welding atau pengelasan. Ini adalah bagian paling meriah dari keseluruhan bagian pabrik, kenapa?. Karena dibagian ini kita bisa puas melihat kembang api tanpa harus menunggu tahun baru.

Seluruh pegawai yang bertugas dibagian ini menggunakan seragam yang tidak mudah terbakar untuk mengurangi resiko kerja. Bahkan kami yang sekedar melihat-lihat saja harus mengunakan sepatu tertutup, helm, kacamata dan arm protector untuk keamanan kami pribadi. Bagi beberapa rekan yang menggunakan alas kaki terbuka dan menggunakan lengan pendek, PT.TMMIN siap meminjamkan semua Alat Pengaman Diri (APD) standar.

Ini area welding, setiap saat selalu ada percikan api dari proses welding atau las untuk menyatukan tiap-tiap bagian panel


Bau logam yang terkena panas api, suara letupan kecil yang terjadi hingga lompatan bunga api yang tiba-tiba menjadi pemandangan yang sering kami lihat dan rasakan di area welding.

Berjalan sedikit masuk kebagian dalam proses welding, kita bisa melihat bagian lempengan besi yang awalnya masih terpisah kini mulai menyatu sebelum akhirnya nanti siap untuk dicat. Khusus bagian pengecatan, kami tidak diijinkan melihat langsung karena prosedur keamanan diri yang rumit. Ini disebabkan karena proses pengecatan yang harus bersih dari debu untuk menghasilkan kualitas yang baik.

Sebagai gambaran, untuk proses pengecatan Toyota Innova dibutuhkan kurang lebih 13 liter cat. Sedangkan untuk Toyota Fortuner kurang lebih 14 liter cat.

Setelah selesai di cat, bagian mobil tersebut dibawa untuk dirakit dan di satukan dengan casis, mesin dan part lainnya


Setelah selesai di cat, rangka mobil dibawa menggunakan semacam mobil derek, untuk pindah kegedung sebelahnya untuk disatukan dengan chasis, engine (yang diproduksi di Sunter) dan part-part pendukung lainya agar menjadi satu mobil yang utuh.

Mobil yang sudah selesai dirakit harus dites terlebih dahulu sebelum dikirim ke distributor.

Test kecepatan, pengereman, tes simulasi jalan di area pabrik yang di buat layaknya jalanan pada umumnya  sampai tes kebocoran saat terjadi hujan deras harus di lakukan terlebih dahulu agar tidak mengecewakan pembeli.

22 Jam Yang Panjang

Hanya dibutuhkan waktu 22 jam dari awal besi plat yang berbentuk lempengan, kemudian masuk kebagian stamping untuk di cetak, lalu diproses dibagian welding untuk menyatukan cetakan panel besi, pengecatan, perakitan dan pengecekan. Sampai akhirnya mobil tersebut sudah siap di kirim.

Saat ini, setiap 90detik selalu muncul mobil baru yang siap diantarkan ke konsumen atau distributor.
Dengan kapasitas produksi 130.000 unit pertahun, maka tidak mengherankan kalau dari tahun 1970 sampai tahun 2016 PT.TMMIN sudah mengekspor kendaraan mereka sebanyak 3.3M Unit.

Kita boleh berbangga, karena kandungan lokal untuk memproduksi mobil di TMMIN 50% lebih sudah buatan lokal. Sebut saja, kandungan lokal Innova 85%, Sienta 80% dan Fortuner 75%.

Inspeksi final dan kemudian unit ini sudah siap untuk diantar ke distributor


Semua proses produksi mobil di PT.TMMIN tidak akan maksimal jika tidak disupport oleh sumber daya manusia yang baik. Konsep dasar PT.TMMIN yang selalu saya ingat adalah, untuk menciptakan produk/mobil yang berkualitas baik, maka terlebih dahulu kita harus menjadikan manusia yang terlibat dalam produksi tersebut menjadi manusia yang berkualitas.

Dengan kata lain, jika manusianya tidak mempunyai kualitas pekerjaan dan kualitas hidup yang baik, mustahil TMMIN bisa memproduksi mobil berkualitas hingga saat ini.

Kalau dalam olahraga kita mengenal istilah Mensana In Corperasano, dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Maka bisa saya analogikan bahwa mobil adalah tubuhnya, sedangkan karyawan TMMIN adalah jiwa dari mobil tersebut.


19 komentar:

  1. Lini kerja dibantu robot, jadi bisa cover keterbatasan tenaga manusia sehingga menghindari kurangnya kapasitas. Mantap pertimbangannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa..robot digunakan untuk hal2 yang butuh presisi dan tugas yang beresiko.

      Hapus
  2. Wah asyik jadi makin tahu tentang dunia otomotif ya mas Satto.

    BalasHapus
  3. Robotic mengurasi resiko cedera pada pekerja manusia

    BalasHapus
  4. widih, baru tau kalau di plant Sunter ga boleh foto-foto padahal dokumentasi itu buat blogger adalah salah satu mata uang :)

    BalasHapus
  5. Wah asyik banget bisa lihat langsung prosesnya yaa :D

    BalasHapus
  6. Wah seru banget bisa melihat langsung pembuatan produk otomotif

    BalasHapus
  7. waaah ternyata mobil2 yg sering saya liat seliweran di jalanan di indonesia itu "proses pembuatannya" di dalam negeri toh. #helohkemanaajegue

    BalasHapus
  8. Sudah pernah datang juga. Melihat robot dan juga pekerja2 disana dengan sepatu dan alur jalan yang mempunyai jalur khusus jadi pengalaman yang tak terlupakan.

    BalasHapus
  9. Aku gak ngerti istilah2nya. Tapi keren banget mas bisa liat lgsg produksiny. Aku tuh selalu suka ngeliat mesin2 pabrik yg jalan trus ngeluarin sesuatu. Biasanya liat di petualangan si unyil. Hehehe

    BalasHapus
  10. saya jadi bayangin, segede apa ya mesin yang buat cetak body mobil produksi Toyota ini? Pasti Gede banget, sampai seukuran rumah gak sih mas?

    BalasHapus
  11. Pingin langsung bawa pulang satu ga sih, mobilnya? Hehhehee

    BalasHapus
  12. bagus banget ya Toyota, menguatamkana kualitas sumber daya manusianya untuk menghasilkan produk yang bermutu

    BalasHapus
  13. Aku pernah ke pabrik ini neh, kan kan jadi pengen punya mobil baru lagi ya hehee

    BalasHapus
  14. Produksinya makin banyak ternyata. Semoga bisa dpt sesuai idaman.

    BalasHapus
  15. Aku takjub melihat manufacturing motor sudah bisa di Indonesia. Woow!!

    BalasHapus
  16. Wow sebenarnya Indonesia via TMMIN ini "mengekspor" ya namun karena pabrikan merk Jepang jadi disebutnya bukan "dari Indonesia". Padahal soal rakit disini ya.

    BalasHapus
  17. Aku kagum, 60 % hasil produksinya bisa diekspor ke 80 negara. Kunjungan seperti ini bermanfaat banget karena jadi tahu seperti apa mobil dibuat.

    BalasHapus
  18. Liat fto2nya jadi ingat dlu pas kerja di operator produksi perusahaan elektronik. Konsep TMMIN keren bgt, agar mobil ny berkualitas karyawan jg harus berkualutas.

    BalasHapus

Yesss, Terima kasih sudah membaca dan sampai dihalaman komentar
silahkan komentar atau kritik dengan bahasa yang positif.
Jangan tinggalkan link hidup, saya akan berusaha untuk mengunjungi blog teman-teman semua.